detikHot

movie

Film Dokumenter Ejekan Buat Donald Trump Akhirnya Bakal Rilis

Jumat, 31 Jul 2020 07:30 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
President Donald Trump holds a Bible as he visits outside St. Johns Church across Lafayette Park from the White House Monday, June 1, 2020, in Washington. Part of the church was set on fire during protests on Sunday night. (AP Photo/Patrick Semansky) Foto: AP Photo/Patrick Semansky
Jakarta -

Sempat diancam perilisannya, kini akhirnya film dokumenter You've Been Trumped Too akan diluncurkan buat penonton global. Film ini akan dirilis 18 Agustus 2020.

You've Been Trumped Too adalah film ejekan buat Donald Trump. Film ini kini dilabeli sebagai sebuah karya sinematik yang paling tidak ingin dilihat oleh Presiden Amerika Serikat itu.

Film dokumenter yang diarahkan oleh sutradara Anthony Baxter ini telah melewati jalan panjang yang berliku sebelum akhirnya bisa dirilis secara global. Selama empat tahun terakhir, film ini diancam akan diperkarakan ke meja hijau oleh Trump Organisation.

You've Been Trumped Too berisi ulasan mendalam soal konfrontasi yang mengganggu antara Donald Trump dengan Molly Forbes, janda 96 tahun asal Skotlandia. Permasalahan yang terjadi antara Trump dan Molly berawal ketika pekerja Trump menutup saluran air keluarga tersebut ketika Donald Trump hendak membangun resort golf di kawasan Aberdeen.

Anthony Baxter pernah ditahan dan dipenjarakan ketika melakukan investigasi terhadap kasus ini. Namun tuntutan terhadapnya dibatalkan dan polisi yang menangkapnya pada saat itu dipaksa untuk mengeluarkan permohonan maaf.

Dalam wawancara dengan The Guardian belum lama ini, Anthony Baxter menyebut perilisan You've Been Trumped Too sebagai sebuah peristiwa penting dalam hal kebebasan bersuara, pembuatan film independen, dan yang terlebih lagi adalah kepercayaan publik terhadap orang kaya dan berkuasa.

You've Been Trumped Too adalah sekuel dari You've Been Trumped yang ditayangkan di BBC Two Inggris pada tahun 2012. Setelah film ini rampung, Trump Organisation mengeluarkan ancaman untuk memperkarakan semua bioskop yang menayangkan film tersebut. Hal itu membuat distributor film di Amerika batal menayangkannya di pemilihan Presiden AS 2016.

Namun belakangan ditemukan bahwa ancaman terhadap perilisan film itu tidak berdasar. Anthony Baxter sendiri telah melindungi diri dan filmnya lewat firma hukum di Amerika Serikat dan Inggris jelang perilisan film kali ini.

You've Been Trumped Too didistribusikan oleh Journeyman Pictures. Film ini bisa disaksikan di seluruh dunia lewat berbagai platform seperti iTunes, Amazon, GooglePlay, Journeyman VOD, dan Vimeo.


(aay/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com