detikHot

movie

Joaquin Phoenix Jadi Pahlawan Aksi Sandera di Ukraina

Jumat, 24 Jul 2020 09:00 WIB Devy Octafiani - detikHot
LOS ANGELES, CA - DECEMBER 12:  Actor Joaquin Phoenix attends the premiere of Warner Bros. Pictures Foto: Joaquin Phoenix (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Jakarta -

Sebuah peristiwa penyanderaan di Ukraina terjadi baru-baru ini. Aksi kriminal itu menahan 13 warga sipil di dalam sebuah bus kota

Aksi penyanderaan ini berakhir dengan bebasnya ke-13 warga sipil tersebut setelah syarat yang dijanjikan dikabulkan oleh presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Syaratnya, Volodymyr Zelensky menyetujui permintaan sang pelaku bernama Maksym Kryvosh. Pelaku penyandera ini meminta sang presiden untuk merekomendasikan film dokumenter hak asasi hewan 2005, berjudul Earthlings. Dokumenter tersebut dibintangi oleh Joaquin Phoenix.

Maksym Kryvosh diketahui sebagai aktivis hak-hak hewan. Meski begitu, Maksym juga memiliki catatan pernah ditahan selama hampir satu dekade atas tuduhan penipuan dan kasus berkaitan dengan senjata.

Sebelumnya pria 44 tahun itu mengancam polisi dengan mengatakan dirinya telah memasang bahan peledak di bus berisi warga di dalamnya yang menjadi sanderanya.

Maksym Kryvosh akhirnya melepaskan tiga sandera setelah Presiden Zelensky setuju untuk mendukung film tersebut dan menyerah kepada polisi setelah presiden memposting video di Facebook kepada orang-orang Ukraina: "Film Earthlings from 2005. Semua orang harus menontonnya."

Video itu dihapus setelah Kryvosh menyerah dan diganti dengan catatan terima kasih kepada polisi dalam aksi mengakhiri krisis sandera.

"Kehidupan manusia adalah nilai yang paling penting. Kami tidak kehilangan siapa pun," tulis Zelensky dalam pesannya.

Earthlings sendiri merupakan dokumenter yang memiliki pesan dan kritik pedas terhadap konsumsi hewan oleh manusia. Di antaranya hewan sebagai peliharaan, makanan, pakaian, hiburan, dan untuk penelitian ilmiah.

Dokumenter ini dirilis di tahun 2005 dan memenangkan penghargaan di sejumlah festival film.

Pemeran Joker ini sendiri dikenal sebagai aktor yang peduli akan hak-hak hewan. Ia juga seorang vegetarian.

Beberapa waktu lalu, pemenang Aktor Terbaik di ajang Oscar ini juga membuktikan kepeduliannya. Ia mengadakan aksi damai di rumah jagal untuk menyelamatkan seekor anak sapi dan ibunya dari kematian.

Aksi ini dilakukan Joaquin Phoenix bekerja sama dengan organisasi pecinta binatang, Los Angeles Animal Save.




Simak Video "Joaquin Phoenix Buat Oscar 2020 Didominasi Makanan Vegan"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)

Photo Gallery
screenshoot-movie
.
.
screenshoot-movie
.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com