Humba Dreams tentang Sumba dan Mimpi Masa Muda

Devy Octafiani - detikHot
Selasa, 14 Jul 2020 16:10 WIB
Humba Dreams
Humba Dreams dibintangi JS Khairen tayang di Netflix / Foto: (dok.Netflix)
Jakarta -

Film Humba Dreams karya Riri Riza bersama Mira Lesmana ditayangkan di Netflix. Humba Dreams bercerita tentang seorang mahasiswa film bernama Martin.

Ia harus pulang ke kampung halamannya di Sumba untuk menyelesaikan urusan warisan yang ditinggal oleh sang ayah.

Datang dari Jakarta, kampung halamannya yang memiliki situasi berbeda dengan segala keterbatasan menjadi hal baru yang dihadapi Martin. Di satu sisi, dirinya dihadapkan pada permintaan keluarga dan sang ibu untuk mengungkap maksud warisan yang ditinggal sang ayah.

Mendiang ayahnya meninggalkan sejumlah roll film hingga kamera video yang diyakini keluarga besar Martin menyimpan pesan di dalamnya.

Di kampung tempatnya berasal itu, Martin susah payah mencari tahu berbagai cara untuk membuat film yang direkam ayahnya dapat ia putar.

Humba Dreams merupakan jatuh cinta Riri Riza dan Mira Lesmana terhadap tanah Sumba. Keduanya takjub dengan keindahan Sumba sejak pertama kali menjejakkan kaki ke sana saat pembuatan film Pendekar Tongkat Emas.

"Sumba itu kalau siang panas sekali, kalau senja sangat indah," kenang Riri dalam jumpa pers yang digelar Netflix belum lama ini. Semua bagiannya masih belum banyak terjamah.

Sumba masih menyisakan banyak tempat untuk berkontemplasi. Menyelipkan kisah seorang anak muda yang mencari jawaban dari banyak pertanyaan yang ia miliki tentang banyak hal menjadi perpaduan yang Riri dan Mira yakini adalah kombinasi yang tepat.

"Kalau tentang film yang dibuat oleh Martin adalah pertanyaan-pertanyaan Martin sejak awal, dia mau jadi filmmaker seperti apa. Ini mewakili banyak filmmaker, kita mau menyampaikan cerita apa misalnya," ungkap Riri Riza.

Tokoh Martin yang diperankan oleh J.S Khairen dinilainya tepat menggambarkan sosok anak muda yang menyimpan kegelisahan.

"Saya teringat diri saya dulu ketika saya masih sekolah film. Saya sempat memberontak ketika disuruh tugas bikin film tapi nggak boleh keluar kampus karena peralatan syuting itu mahal. Nah, saya memberanikan untuk syuting, cari lokasi di kawasan di luar kampus ya nggak jauh-jauh amat," urai Riri seraya tertawa.

Humba Dreams tayang secara eksklusif di Netflix. Bersama Riri Riza, Mira Lesmana memutuskan untuk merilis film ini tanpa harus melewati penayangan di bioskop.

"Sekarang kami jelas memutuskan kami tak akan memutarnya di jaringan bioskop komersil. Kami memutuskan eksklusif di jaringan Netflix. Kami menyadari, film ini sebenarnya bukan film yang bisa dinikmati mass public, ketika masuk ke digital platform, menurut kami, dia membawa orang untuk mencari film ini," ungkap Mira.



Simak Video "Netizen Berharap Ada 'Petualangan Sherina 2' karena Foto Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)