detikHot

movie

Sambut New Normal, Ini Protokol yang Diterapkan XXI

Selasa, 23 Jun 2020 12:17 WIB Devy Octafiani - detikHot
Bioskop di Aukland melakukan persiapan untuk kembali dibuka setelah Selandia Baru melakukan pelonggaran pembatasan COVID-19. Foto: Getty Images/Fiona Goodall
Jakarta -

Jaringan bioskop XXI sudah mempersiapkan diri menyambut new normal. Bioskop direncanakan dibuka di fase kedua pembatasan sosial berskala besar transisi di fase II.

Persiapan yang dibuat oleh XXI di antaranya penerapan protokol kesehatan untuk mendukung kembalinya kegiatan operasional bioskop. Apa saja ketentuan protokol tersebut?

"Adapun protokol tersebut di antaranya adalah, baik petugas bioskop dan pengunjung wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh untuk pengunjung dan petugas bioskop," ungkap juru bicara XXI, Dewinta Hutagaol saat dihubungi detikcom.



Belum lama ini beredar penampakan kursi studio bioskop yang diatur saling berjarak satu sama lain. Kapasitas bioskop tak akan lagi penuh seperti sebelumnya.

XXI menambahkan, penerapan jaga jarak memang juga menjadi bagian di dalam protokol yang ditetapkan oleh mereka di saat operasional bioskop kembali dibuka di saat new normal.

"Penerapan physical distancing di seluruh lingkungan bioskop termasuk di dalam studio juga kami berlakukan," imbuh Dewinta.

[Gambas:Instagram]


Pemerintah telah memberlakukan new normal bagi beberapa sektor di tengah pandemi Corona. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Mardano mengatakan protokol kesehatan sedang digarap bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan akan diterbitkan bersamaan dengan protokol lainnya.

"Jadi diharapkan minggu ini akan bisa diterbitkan oleh Kemenkes. Kami juga yang meminta supaya semua ketentuan yang berhubungan dengan protokol kesehatan itu harus 1 pintu lewat Kemenkes. Sehingga kementerian lainnya yang memberi usulan, masukan, saran ditampung semua di Kemenkes," tuturnya pekan lalu.



Sejumlah mal dan pusat perbelanjaan telah dibuka kembali baru-baru ini. Namun XXI sendiri belum memulai operasional bioskop kembali seperti sebelumnya.

Soal kapan XXI akan kembali beroperasi, XXI memberi pernyataan berikut ini.

"Hingga saat ini, Cinema XXI masih menonaktifkan kegiatan operasional sementara waktu. Kami mendukung upaya Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi.Namun, Cinema XXI aktif berkomunikasi dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Gugus Tugas COVID-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif perihal kapan Cinema XXI dapat aktif kembali."




Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com