detikHot

movie

Dukung Keberagaman, Nominasi Best Picture Oscar Bakal Ditambah

Sabtu, 13 Jun 2020 20:10 WIB Tim detikcom - detikHot
Piala Oscar Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Tewasnya George Floyd membangkitkan gelombang protes atas rasialisme sistemik di Amerika Serikat. Banyak perubahan dilakukan di berbagai sektor, salah satunya di perhelatan Academy Awards.

Dilansir AFP, Sabtu (13/6/2020), ajang Oscar akan memperkenalkan aturan kelayakan baru untuk meningkatkan keberagaman di antara nominasi maupun pemenang.

Selama ini, Oscar kerap dikritik imbas kurang beragamnya anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences maupun para nominasi dan pemenang yang mereka pilih.

"Untuk memastikan keterwakilan yang lebih beragam, sebuah gugus tugas baru akan dibentuk untuk mengembangkan dan mengimplementasikan standar keterwakilan dan inklusi baru untuk memenuhi syarat Oscar," kata organisasi itu seperti dilansir AFP, Sabtu (13/6/2020).

Salah satu perubahannya adalah soal komposisi anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Perubahan lain yaitu kategori Best Pictures akan memiliki 10 nominasi.

Peraturan ini tidak akan mempengaruhi persaingan antarfilm tahun ini. Belum ada penjelasan rinci soal aturan baru ini namun perubahan ini akan mendorong perekrutan yang adil.

Perubahan ini diumumkan usai protes antirasisme bergaung di penjuru Amerika Serikat. Protes ini dipicu tewasnya George Floyd yang dibunuh polisi.

Oscar pernah diterpa kritik #OscarsSoWhite karena pemenangnya kebanyakan berkulit putih. Setelahnya, Oscar berusaha melakukan berbagai upaya untuk mempeluas keanggotaannya.




Simak Video "Aksi Black Lives Matter Terus Bergaung di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com