ADVERTISEMENT

Dituding Rasis, Film Peraih Oscar Ini Ditarik dari Layanan Streaming

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 10 Jun 2020 17:45 WIB
Hattie McDaniel dan Vivien Leigh di film Gone With the Wind.
Gone With the Wind dihapus HBO Max. Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Layanan streaming HBO Max menarik film 'Gone With the Wind' dari daftar mereka. Hal itu disebabkan oleh protes tindakan rasis yang menewaskan George Floyd di Amerika Serikat.

Film yang berhasil meraih sepuluh piala Oscar tersebut bercerita tentang kisah romantis yang dirlis pada 1939 dan dibintangi oleh Vivien Leigh dan Clark Gable yang berperan sebagai pasangan ikonik Scarlett O'Hara dan Rhett Butler.

Selain itu, film tersebut juga berhasil membawa Hattie McDaniel sebagai aktris Afrika-Amerika pertama yang memenangkan Oscar lewat penampilannya sebagai pembantu rumah tangga dalam film tersebut.


'Gone With the Wind' menuai banyak kritikan dalam beberapa dekade karena mempertontonkan perbudakan dalam perkebunan bersama stereotype dari karakter kulit hitam. Film tersebut juga menuai kritik, karena cerminannya akan masyarakat kulit hitam pada era sebelum perang saudara di Atlanta.

Hal itu membuat HBO memilih cara aman untuk menghapus film tersebut dari daftar mereka. Namun ternyata, pilihan tersebut malah menuai protes.


"Hattie McDaniel adalah aktor Amerika-Afrika pertama yang menang Oscar lewat perannya di 'Gone With the Wind'. Besok adalah ulang tahunnya. Apakah ini cara untuk menghapus sejarah pencapaian masyarakat kulit hitam dengan nama keadilan sosial," tulis salah seorang netizen.

"Ini benar-benar bodoh, kita harusnya belajar dari masa lalu bukan pura-pura jika itu tak pernah ada," tulis lainnya.

Karena desakan tersebut, kabarnya HBO Max akan mengembalikan film tersebut, namun dengan penambahan konteks sejarah sebenarnya.



Simak Video "2 Tahun Kematian George Floyd, Biden Tanda Tangani Perintah Eksekutif "
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT