Mengintip Serba-serbi Penyuntingan Film dalam 'Back Up!'

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 03 Mei 2020 17:30 WIB
Film Back Up!
Foto: Film 'Back Up!'
Jakarta -

"The foundation of film is editing (fondasi dari sebuah film adalah proses penyuntingan)," ungkapan Riri Riza tersebut menjadi salah satu adegan dalam film bergenre doku-drama berjudul 'Back Up!'.

'Back Up!' merupakan film yang digarap oleh sutradara Wawan I. Wibowo. Sejatinya, film tersebut merupakan tugas akhir dari Wawan untuk menuntaskan pendidikan di Institut Kesenian Jakarta.

Wawan sebenarnya telah lama berkecimpung di industri film sebagai editor film. Kali ini dirinya tidak hanya duduk sebagai editor, namun juga sekaligus sutradara dan penulis naskah (bersama Haikal Damara).

Sepanjang film, 'Back Up!' menggambarkan bagaimana kerja di balik layar yang dilakukan para editor film. Menurut Wawan, kerja para editor film masih sangat jarang dibahas padahal penyuntingan adalah bagian yang penting dari sebuah film.

"Film 'Back Up!' awalnya dari kegelisahan saya, kok jarang banget dokumentasi tentang post produksi. Sedangkan post produksi juga nggak lepas dari sisi yang penting untuk sebuah film," ujar Wawan dalam telekonferensi pada Minggu (3/5/2020).

Dalam film itu terdapat sejumlah nama yang berperan sebagai narasumber sekaligus pemain di antaranya Sentot Sahid, Kartono Hadi, Rizal Basri, Lilik Subagyo, Andhy Pulung, Cesa David Lukmansyah, dan Aline Jusria.

Adapula Garin Nugroho, Hanung Bramantyo, Chand Parwez Servia, Riri Riza dan lain-lain yang ikut tampil dalam film tersebut.

Selain menampilkan cerita suka duka proses penyuntingan film, 'Back Up!' juga turut memotret sejarah proses penyuntingan film dari masa ke masa serta persoalan yang dihadapi oleh para editor dari masa ke masa.

"Dari zaman celluloid, tape to tape (kaset) hingga sekarang zaman digital. Mereka (narasumber) juga adalah pelakon pada era masing-masing," kata Wawan.



Simak Video "Penjualan Presale Token Asix Banyak Diburu Sampe Server Down"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)