Hari Buruh, 5 Film Ini Kisahkan Perjuangan Buruh dan Pekerja

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 01 Mei 2020 15:29 WIB
12 Years A Slave (IMDB)
Foto: 12 Years A Slave (IMDB)
Jakarta -

Setiap tahun, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day. Peringatan ini ditujukan untuk menghargai perjuangan buruh dan pekerja demi mendapatkan hak mereka.

Seiring berjalannya waktu, pergerakan dan pesan para buruh ini juga disampaikan lewat media film. Ada sederet film yang menyoroti perjuangan para buruh.

Seperti dilansir Antara, Jumat (1/5/2020), berikut film-film tersebut:

Blue Collar (1978)

Blue Collar adalah film drama kriminal yang disutradarai oleh Paul Schrader, dalam debutnya sebagai sutradara. Film ini ditulis oleh Schrader dan saudaranya Leonard, dan dibintangi oleh Richard Pryor, Harvey Keitel dan Yaphet Kotto. Film ini adalah kritik terhadap praktik serikat dan kisah kehidupan seorang pekerja Rust Belt.

Norma Rae (1979)

Disutradarai oleh Martin Ritt, Norma Rae mengisahkan Norma Rae, seorang buruh pabrik dari sebuah kota kecil di North Carolina. Ia kemudian menjadi terlibat dalam kegiatan serikat di pabrik tekstil tempat dia bekerja setelah dia dan kesehatan rekan kerjanya terganggu karena kondisi kerja yang buruk.

Kisah ini diangkat dari buku karya jurnalis New York Times, Henry P. Leifermann berjudul Crystal Lee, a Woman of Inherotance yang terbit pada 1975 dan merupakan kisah nyata. Norma Rae mendapatkan empat nominasi Academy Awards 1980 dan memenangkan piala Oscar untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Lagu Original Terbaik.

Selanjutnya
Halaman
1 2