detikHot

movie

Kisah Perempuan-perempuan Hebat dalam Sinema Indonesia

Selasa, 21 Apr 2020 14:04 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Halaman 1 dari 2
Marlina the Murderer in Four Acts Foto: Marlina the Murderer in Four Acts
Jakarta -

Hari ini, tiap tanggal 21 April di setiap tahunnya, Indonesia selalu merayakan Hari Kartini. Hari itu diambil dari tanggal lahir Raden Adjeng Kartini, perempuan kelahiran Jepara yang mengabdikan hidupnya untuk perjuangan kesetaraan hak pendidikan bagi perempuan Indonesia.

Apa yang diperjuangkan Kartini telah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan perempuan di segala bidang.

Kisah hidup perempuan tidak pernah bisa dilepaskan dari keseharian. Beberapa film memotret kisah keseharian dan lika-liku hidup yang mereka rasakan sebagai perempuan.

Persoalan perempuan selalu khas dan menjadi cerita yang tidak habis dibahas. Di Hari Kartini ini, detikHOT membuat daftar film-film yang menampilkan potret kehidupan perempuan.

'Tiga Dara' (1957)

'Tiga Dara' merupakan film besutan Usmar Ismail yang dibintangi oleh Chitra Dewi, Mieke Wijaya dan Indriati Iskak. Berkisah mengenai tiga kakak-beradik, Nunung (Chitra Dewi), Nana (Mieke Wijaya) dan Nenny (Indriati Iskak).

Ketiganya tinggal bersama nenek dan ayah mereka setelah sang ibu meninggal dunia. Sang kakak tertua, Nunung, diminta sang nenek untuk segera menikah karena dirinya dianggap telah ada di usia yang dianggap seharusnya sudah menikah.

Film tersebut menuturkan lika-liku kehidupan tiga kakak beradik perempuan, perjalanan mereka mencari cinta dan pilihan-pilihan serta permasalahan keseharian yang di hadapkan pada mereka sebagai perempuan.

Meski film ini digarap puluhan tahun lalu, namun film tersebut sempat direstorasi pada 2016.

Baca juga: Deretan Film Indonesia Terbaik yang Bisa Ditonton di Netflix

'Eliana, Eliana' (2002)

'Eliana, Eliana' merupakan film garapan sutradara Riri Riza yang diperankan Rachel Maryam, Marcella Zalianty dan Jajang C. Noer.

Eliana (Rachel Maryam) adalah perempuan batak yang kabur dari rumahnya di hari pernikahannya lima tahun silam karena berusaha melepaskan diri dari orang tua dan adat.

Ia memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan ibunya yang juga bernama Eliana (Jajang C. Noer). Lima tahun berlalu, tiba-tiba saja sang ibu datang ke Jakarta.

Keduanya melakukan perjalanan untuk mencari teman satu kontrakan Eliana yang tiba-tiba saja menghilang sambil mencoba mencairkan kebekuan di antara keduanya.

'Berbagi Suami' (2006)

Poligami masih menjadi persoalan yang membelenggu dan meresahkan perempuan. Sutradara Nia Dinata mencoba memfilmkan permasalahan itu.

'Berbagi Suami' merupakan film omnibus yang yang memuat tiga cerita, yakni cerita Salma (Jajang C. Noer) yang berprofesi sebagai dokter dan memiliki suami seorang pengusaha sekaligus politikus yang gemar poligami.

Ada pula kisah Siti (Shanty) yang dibawa ke Jakarta dari kampung oleh pamannya. Ia kemudian dipersunting pamannya yang telah beristri dua, yakni Sri (Ria Irawan) dan Dwi (Rieke Diah Pitaloka).

Lalu ada cerita Ming (Dominique) yang merupakan istri muda dari koki dan pemilik restoran tempat ia bekerja.

(srs/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com