Mengenang Personel Seventeen Lewat Dokumenter 'Kemarin'

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 14 Apr 2020 18:43 WIB
Seventeen saat tampil di dHOT Music Day.
Seventeen / Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Film dokumenter dari band Seventeen yang berjudul 'Kemarin' telah rampung dibuat. Awalnya, film ini direncanakan untuk rilis pada 23 April 2020, namun rencana itu harus ditunda karena adanya pandemi COVID-19.

Meski demikian, Upie Guava selaku sutradara mengatakan film yang merekam perjalanan karier Seventeen hingga peristiwa naas tsunami Banten yang menewaskan nyaris semua personelnya itu telah siap untuk ditayangkan.

Upie mengatakan, pembuatan film dokumenter tentang Seventeen memang telah direncakan sebelum peristiwa tsunami Banten 2018. Maka melanjutkan penggarapan film ini sekaligus merupakan wujud penghormatannya pada para personel Seventeen yang telah tiada.

"Kami tanamkan ke benak semua tim bahwa ini amanah gitu. Kami pun punya kesedihan masing-masing. Jadi ini bukan proyek kerjaan tapi menunaikan amanah anak-anak. Kalau hasilnya baik jadi berkah buat ahli waris," ungkap Upie dalam telewicara, Selasa (14/4/2020).

Hal serupa juga diungkapkan oleh vokalis Seventeen, Ifan. "Proses film ini adalah legacy, pesan dari anak-anak," ujar Ifan.

Lebih jauh, dirinya juga mengatakn bahwa terlibat dalam penggarapan film ini menjadi terapi tersendiri baginya guna mengobati traumanya.

"Kan sebelum sebelumnya kami sudah meeting untuk produksi dokumenter, tapi ternyata ini jadi proses penyembuhan," tutur Ifan.



Simak Video "Mantab! Big Hit Akuisisi Manajemen ZICO 'KOZ Entertainment'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/imk)