Dilan 1991, Lanjutan Kisah Asmara Dilan dan Milea

Mega Wulandari - detikHot
Kamis, 19 Mar 2020 12:34 WIB
Dilan 1991
Film Dilan 1991. Foto: (dok.Max Pictures)
Jakarta -

Film Dilan 1991 diangkat dari novel terlaris karya Pidi Baiq yang menjadi bagian dari trilogi Dilan. Film arahan Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini tidak lagi hanya menampilkan gombalan Dilan ke Milea, melainkan konflik-konflik yang dihadapi sepasang remaja ini. Film tersebut telah tayang pada 28 Februari 2019 dengan durasi 121 menit.

Mengisahkan kelanjutan cerita Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang kini menjadi sepasang kekasih. Dilan disidang para guru karena menghajar Anhar (Giulio Parengkuan), teman satu geng motor. Alasannya karena Anhar sudah menampar Milea. Mereka pun diskors. Selama diskors, Anhar tidak lagi muncul namun Dilan masih ke sekolah untuk mengantar Milea sampai gerbang. Lalu, Ia ke warung Bi Eem (Tike Priatnakusumah).

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta menarik film Dilan 1991 yang harus kamu tahu:

1. Mendapat Rekor MURI

Film Dilan 1991 mendapat dua penghargaan sekaligus dari Rekor MURI yaitu film dengan penonton terbanyak saat Gala Premiere, 80 ribu penonton dan film dengan penonton terbanyak penayangan hari pertama, 720 ribu penonton.

2. Ungkap Fakta Kekerasan Seksual

Dalam film Dilan 1991 terselip fakta kekerasan seksual yang sering terjadi dalam kehidupan nyata. Kekerasan seksual ditampilkan lewat salah satu tokoh dalam film yaitu Yugo.

Yugo memiliki karakter yang berbeda dengan Dilan dalam hal memperlakukan perempuan. Dilan menunjukan sikap yang menghormati perempuan sedangkan Yugo suka memaksakan kehendak fisik dengan berlindung pada pengaruh budaya Barat. Yugo mencium Milea tanpa izin saat nonton di bioskop yang membuat Milea menangis. Tindakan Yugo tersebut menunjukan bentuk pelecehan.

3. Iqbaal Ramadhan Harus Turunkan Berat Badan

Iqbaal Ramadhan harus menjalani diet untuk menurunkan berat badan agar seperti Dilan. Hal ini dilakukan karena dirinya baru saja menyelesaikan syuting film Bumi Manusia sebagai Minke dengan berat badan yang lebih berisi.

4. Pengorbanan Vanesha Prescilla

Sebelum melakukan syuting film Dilan 1991, pemeran Milea ini memotong rambutnya. Sampai hari syuting tiba, rambutnya pun belum panjang. Alhasil, Vanesha Prescilla harus memanjangkan rambutnya dengan instan yaitu menggunakan rambut sambung karena Milea digambarkan sebagai perempuan berambut panjang.

5. 3 Juta Lebih Penonton di Hari Kelima

Film Dilan 1991 memperoleh penonton yang kian bertambah sejak dirilis. Pada hari kelima penayangan, film ini mendapat lebih dari 3 juta penonton yaitu 3.107.000.

6. Tembus 5 Juta Penonton

Sampai hari penayangan ke-17, film Dilan 1991 berhasil mendapat 5.028.000 penonton.

7. Lampaui Infinity War

Film Dilan 1991 disebut berhasil melampaui film Avengers: Infinity War pada saat tayang karena jumlah pendapatan dari sekuel ini mencapai Rp 28 miliar.

Pendapatan itu melampaui pendapat Infinity War di Indonesia yang saat tayang hari pertama mendapat USD$ 1,79 juta.



Simak Video "Tanggapan Cast 'Dignitate' soal Disebut Mirip Film 'Dilan'"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)