detikHot

movie

Film Friday the 13th, Cerita Menegangkan Tentang Tragedi di Hari Jum'at

Jumat, 13 Mar 2020 18:55 WIB Mega Wulandari - detikHot
friday 13 th Friday 13 th. Foto: Istimewa
Jakarta -

Friday the 13th diartikan sebagai hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 dan dipercaya membawa malapetaka. Kepercayaan tersebut diwujudkan dalam film berjudul sama, Friday the 13th. Film bergenre horor thriller ini telah dibuat sebanyak 12 film, dari mulai Friday the 13th (1980) sampai Friday the 13th Part 12 - Reboot (2009).

Di film Friday the 13th (2009) ini bercerita tentang Jason Voorhees, seorang anak yang meninggal di danau Crystal Lake. Kemunculan Jason pun dari dasar danau tersebut. Ia memiliki perawakan tinggi besar dengan topeng hockey dan membawa senjata pisau besar. Jason Voorhees akan mengintai dan membantai para remaja tanggung di sekitaran bumi perkemahan Crystal Lake.

Berikut deretan fakta menarik film Friday the 13th yang harus kamu tahu:

1. Nama Sang Pembunuh


Sang sutradara, Sean Cunningham, merasa harus memilih nama tokoh yang dapat melekat di benak para penonton film Friday the 13th. Awalnya ia tidak merencanakan adanya sekuel, maka untuk menggambarkan sosok pembunuh yang mengerikan, dipilihlah nama Jason Voorhees. Padahal pada naskah film pertama Friday the 13th yang rilis 1980, sang pembunuh diberi nama Josh.

2. Satu Tokoh Dimainkan Banyak Orang


Pada film Friday the 13th sebanyak 13 orang dipilih untuk memerankan tokoh Jason Voorhees. Ada yang berperan sebagai Jason kecil, ada yang menjadi pemain stuntman, dan ada pula yang menjadi pembunuh.

3. Pembunuh Pertama


Jason Voorhees bukanlah pembunuh pertama dalam film ini melainkan korban pertama. Dirinya mati tenggelam karena kelalaian para petugas perkemahan. Pembunuh pertama justru ibunya Jason, Pamela Voorhees. Sang ibu ingin balas dendam atas kematian putra tercintanya. Kemudian, Jason kecil baru membunuh para korban setelah ibunya dibunuh oleh seorang konselor perkemahan dengan cara memenggal kepalanya.

4. Tidak Semua Terjadi di hari Jumat


Kalau melihat judul, pasti banyak yang mengira bahwa kejadian-kejadian di film Friday the 13th selalu terjadi di hari Jumat. Ternyata, ada beberapa kejadian yang tidak terjadi pada hari Jumat melainkan terjadi saat akhir pekan, waktu korban untuk bersantai.

5. Tertarik Pada Wanita Berambut Pirang


Jika diperhatikan dengan cermat, kebanyakan tokoh yang selamat sampai akhir cerita adalah wanita berambut pirang. Ternyata, Jason Voorhees si mesin pembunuh tertarik dengan wanita berambut pirang.

6. Sekuel Terbaru Sedang Disiapkan


Perjalanan si pembunuh berdarah dingin, Jason Voorhees, tidak berhenti begitu saja. Sutradara Tom McLoughlin akan membuat sekuel terbaru dengan judul Jason Never Dies. Setting tempat pada film tersebut akan berbeda dengan film-film pendahulu Friday the 13th (https://www.detik.com/tag/friday-the-13th) yaitu Jason akan beraksi di musim dingin. Belum diketahui kapan film ini akan tayang.




Simak Video "Refal Hady Senang Bakal Main Film Horor"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com