detikHot

movie

'Joker' Masuk 11 Nominasi Oscar, Sutradara Singgung Isu Empati Sosial

Selasa, 14 Jan 2020 12:07 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: detik
Jakarta -

'Joker' mendominasi deretan nominasi ajang Oscar tahun ini. Film ini tercatat di 11 nominasi termasuk kategori bergengsi aktor dan film terbaik.

Perolehan ini pun ditanggapi oleh sang sutradara, Todd Phillips. Dalam pernyataan di Instagram, ia tak menyangka akan pengakuan yang diberikan kepada film garapannya.

"Saya merasa sangat tersanjung dengan pengakuan yang luar biasa dari Akademi. Saya ingin berterima kasih kepada si jenius yang adalah Joaquin Phoenix, dan semua kolaborator saya yang luar biasa," ungkapnya.


DI sisi lain, Todd Phillips mengungkapkan awal mula film ini dibuat. Berkaca dari keadaan sosial, 'Joker' menjadi proyek coba-coba yang berubah menjadi cermin dari keadaan sosial.

"Jelajahi apa yang kita lihat dan dirasakan di masyarakat dari kurangnya empati hingga efek dari tidak adanya kasih sayang," imbuh Todd lagi.



Mengacu pada kisah komiknya, 'Joker' dikembangkan lebih dekat menjadi kisah seorang pemuda bernama Arthur Fleck yang merasa terpinggirkan oleh dunia. Ia membawa kekecewaan juga sakit hati yang dirasakannya sejak kecil.

Proses hidup dan kekerasan psikologis di usianya yang dewasa membawanya menjadi seorang kriminal. Dalam komik, ia diketahui menjadi salah satu musuh bebuyutan Batman.




Simak Video "Tak Ada Post Credit Scene dan Sekuel untuk Film ''Joker''"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)

Photo Gallery
screenshoot-movie
.
.
screenshoot-movie
.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com