detikHot

movie

Mencari Identitas Film Indonesia

Selasa, 05 Nov 2019 12:00 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: (Instagram/@falconpictures_) Foto: (Instagram/@falconpictures_)
Jakarta - Jelang digelar Piala Citra, sebuah diskusi publik bertema Bahasa Film digelar belum lama ini. Film nyatanya tak sekadar hiburan untuk dinikmati.

Sebuah film sarat akan makna yang terangkum dalam sisi-sisi teknisnya seperti pengambilan gambar dengan kamera hingga narasi dalam cerita.

Sebagai pembuat film dengan industri besar, Hollywood selama ini tak dipungkiri menjadi acuan tentang dua hal di atas. Adakah film Indonesia lantas punya bahasanya sendiri?


"Bahasa film itu sebetulnya adalah usaha menceritakan sesuatu dengan sesuatu yang baru," ungkap Totot Indrarto dari Komite Komunikasi FFI.

"Film Indonesia di adegan pinggir jalan, di luar ruangan, itu terang. Padahal ketika kita keluar siang-siang, kita melihat muka orang pasti berbayang karena muka orang di atas. Tapi film-film kita nggak. Bahkan kita produksi tetap tembak lampu," imbuh Totot.



Tahun ini ajang Piala Citra membawa 'Film Bagus Citra Indonesia' sebagai temanya.

Ada 38 film yang tersaring untuk dikompetisikan di tahun ini. Ada harapan film Indonesia akan menemukan identitasnya sendiri.

"Itulah muncul gerakan-gerakan, muncul festival. (Karena) ada seniman yang tak puas bercerita secara Hollywood," tukas Totot.


Simak Video "Siap Rebut Piala Citra, Ini Nominasi Festival Film Indonesia 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com