Dokumenter tentang Pesantren Masuk Festival Film Amsterdam

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 04 Nov 2019 14:55 WIB
Foto: dok. Pesantren
Jakarta -

Isu agama dan ras belakangan jadi konflik di beragam tempat. Yang terdekat misalnya, ada di momen pemilu dan pilpres 2019.

Ada sebuah dokumenter yang mengangkat hal yang tak jauh dari isu agama. Dokumenter berjudul 'A Boarding School' atau 'Pesantren' itu menarik perhatian dan terpilih masuk dalam festival film dokumenter di Amsterdam, Belanda.

International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) 2019 menyelipkan 'A Boarding School' sebagai salah satu film yang meramaikan festival tersebut. Dokumenter tersebut digarap oleh Shalahuddin Siregar yang pernah ambil bagian dalam omnibus 'Lima' di 2018.

Dokumenter tentang Pesantren Masuk Festival Film AmsterdamFoto: dok. Pesantren



Dalam dokumenter garapannya kali ini, Shalahuddin Siregar mengangkat isu dan stigma yang melekat pada pesantren sebagai tempat terorisme diajarkan.

"Gaya observasional (sutradara) memberi kekuatan kepada anak-anak muda yang menjadi subyek film ini sehingga mereka mampu menceritakan kisah mereka sendiri," ujar Sarah Dawson salah satu pemimpin program di ajang festival ini.

"Kita bisa belajar banyak dari guru-guru maupun pelajar dalam film ini, apapun kepercayaan atau identitas kita. Buat saya sendiri, film ini membuat saya merasa lebih punya harapan tentang dunia," tukas Sarah Dawson.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Cegah Corona, Ponpes Salafiyah Polman Pulangkan 700 Santrinya"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)