detikHot

movie

Bukan Seram, Horor Buat Rizal Mantovani adalah Fantasi

Minggu, 27 Okt 2019 11:07 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Rizal Mantovani Foto: Dok. 20detik
Jakarta - Rizal Mantovani bicara tentang alasannya yang kerap tertarik menggarap film horor. Genre ini buat dirinya secara personal bukan hanya sekadar untuk menakut-nakuti penonton.

Ada imajinasi lebih yang ia peroleh ketika dirinya menggarap cerita atau film dengan genre tersebut.

"Saya melihat horor sebagai sebuah outlet saya untuk membuat karya yang sifatnya fantasi. Karena buat saya, horor adalah fantasi," ungkap Rizal kepada detikcom belum lama ini.




Ia pun mengaitkannya dengan beragam mitos seram di seluruh dunia. Seperti legenda di barat yang menyebut-nyebut istilah monster sebagai makhluk menyeramkan, sosok-sosok makhluk halus seperti Kuntilanak hingga genderuwo di Tanah Air sama-sama seram.

"Semua budaya punya apa yang disebut monster itu, walau di Indonesia kita ngga menyebutnya seperti itu. Kita menyebutnya di sini kuntilanak, genderuwo. Kalau di Eropa, vampir, frankestein, makhluk yang bukan manusia," urai Rizal.

Sisi-sisi fantasi itulah yang kemudian senang dikuliti oleh Rizal. Ia menganggap publik selalu menyenangi kisah-kisah seram untuk disaksikan.

Karena bersifat fantasi, nonton horor diyakini Rizal juga menjadi ajang hiburan bagi sebagian pecinta genre ini.

"Itu sih menurut saya kenapa orang suka horor. Karena sifatnya fantasi, mereka nonton 2 jam, lepas dari dunia dan kenyataan dan mereka masuk ke fantasi lewat film horor," tukas sutradara 52 tahun ini.




Simak Video "Profesionalitas Amanda Manopo Main Film Horor Meski Takut Hantu"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com