detikHot

movie

Mengenal James Wong Howe, Sinematografer Legendaris Hollywood

Kamis, 17 Okt 2019 18:16 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
James Wong Howe. Foto: Istimewa James Wong Howe. Foto: Istimewa
Jakarta - Nama James Wong Howe sudah tak asing lagi di dunia perfilman. Bersama bendera James Wong Howe cinematographer, namanya masuk dalam jajaran sinematografer paling berpengaruh.

Lalu, siapakah pria kelahiran Guangzhou, 28 Agustus 1899 ini? Yuk simak berikut ini beberapa fakta menarik yang dirangkum detikcom :



1. James Wong Howe Biography

Nama James Wong Howe saat baru lahir adalah Wong Tung Jin, dengan nama marga dari ayahnya bernama Wong How. Dia pindah ke Amerika Serikat setelah ayahnya imigrasi ke Amerika karena mendapat tawaran pekerjaan di Northern Pacific Railroad di Pasco, Washington. Kehidupan keluarganya tak lepas dari isu rasial. Bahkan James Wong Howe mengalami masa kecil yang tak begitu menyenangkan karena isu tersebut.

Namanya mulai melejit ketika ia mengenal dunia perfilman sampai ia menghembuskan nafas terakhir pada 12 Juli 1976.

2. Perjalanan Karier

Siapa sangka sinematografer legendaris ini pernah menjadi petinju profesional. Di masa remajanya, James Wong Howe pernah menekuni bidang tinju. Namun, setelah itu ia pernah bekerja serabutan hingga ia mulai terjun ke dunia perfilman.

James Wong Howe sangat fokus dalam menekuni karier sebagai sinematografer. Ia banyak belajar terkait cara pengambilan gambar, dan mencari penghasilan tambahan dengan menjadi fotografer pribadi aktris Hollywood, Mary Miles Minter. Hasil cetakan fotonya pun mempunyai efek bagus.


3. Pelopor Ragam Teknik Sinematografi

Selama menjalani kariernya di industri perfilman, James Wong Howe dikenal sebagai pelopor pemakaian lensa bersudut pandang lebar (wide angle), pencahayaan low key dan pencahayaan berwarna pada film hitam putih di masa itu.

Ia sangat ahli dalam menguasai teknik framing dan teknik deep focus dalam sinematografi. Teknik ini membuat gambar yang direkam seluruhnya berada dalam keadaan fokus, baik di sisi foreground atau background.

Tak hanya itu saja, ia menjadi orang pertama yang memakai crab dolly, yaitu dudukan kamera dengan empat penyangga untuk memuluskan pergerakan secara horizontal saat merekam gambar. Hal tersebut membuat karier perfilmannya semakin melejit di Hollywood.

4. Penghargaan

Di tahun 1930-1940 an, James Wong Howe merupakan sosok sinematografer andal di perfilman dunia Hollywood. Hal itu dibuktikan berdasarkan pada 10 nominasi Academy Awards untuk kategori sinematografi terbaik dalam James Wong Howe filmography.

Hasilnya, 2 nominasi James Wong Howe films berhasil diperoleh. Dia memenangkan dua piala Oscar untuk film "The Rose Tattoo" (1955) dan James Wong Howe "Hud" (1963). Tak hanya itu, berdasarkan International Cinematographers Guild menjadikan James Wong Howe sebagai 10 orang yang paling berpengaruh dalam dunia film.


5. James Wong Howe dan Diskriminasi Ras

Sukses dengan karier, namun tidak dalam kehidupan pribadi hingga pernikahannya. Selama ia tinggal di Amerika Serikat, ia selalu mendapatkan diskriminasi. Dia baru resmi menjadi warga negara AS ketika Undang-Undang Eksklusi Cina (Chinese Exclusion Act) resmi dicabut.

Sedangkan, kehidupan pernikahannya pun turut terganggu karena adanya undang-undang perkawinan antara suku atau bangsa (anti-miscegenation law). Sehingga pernikahannya bersama, Sanora Babb di tahun 1937 tidak diakui hukum AS. Pernikahan itu baru dilegalkan pada tahun 1948.

6. Google Doodle James Wong Howe (2017)

Pada Senin (28/8/2017) rupanya google doodle merayakan hari lahir sosok James Wong Hawe. Laman pencarian google dihiasi dengan ilustrasi hitam putih berupa seorang pria berjas dan topi dengan logo Google menjadi latar belakangnya.

Uniknya, apabila pengguna mengklik pada gambar tersebut, akan dihantarkan pada pencarian James Wong Howe. Faktanya, kemunculan sosok James Wong Howe di Google Doodle bertepatan dengan 118 tahun kelahiran sang legenda sinematografer Hollywood.






Simak Video "Iqbaal Ramadhan Antusias Bintangi Film 'Ali dan Ratu-Ratu Queens'"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com