detikHot

movie

'Lampor Keranda Terbang' Horor Adaptasi Kisah Nyata

Jumat, 04 Okt 2019 12:40 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Halaman 1 dari 2
Lampor Keranda Terbang Horor Adaptasi Kisah Nyata Foto: dok. Starvision
Jakarta -

Teror nyata hantu Lampor yang berasal dari kawasan Jawa Tengah akhirnya difilmkan oleh rumah produksi Starvision dengan judul 'Lampor Keranda Terbang'. Menurut produser Starvision, Chand Parwez Servia, film ini adalah pengalaman nyata semasa kecil sang sutradara, Guntur Soeharjanto di kampung halamannya di Temanggung Jawa Tengah.

"Kenapa film ini dibuat, saya udah rada jenuh dengan horor kebanyakan. tapi mas Guntur cerita soal masa kecilnya di Temanggung, Dia cerita kejadian nyata yang ada orang keluarganya diambil Lampor, ada yang mati, ada yang kembali tapi gila ling lung. Jadi begitu denger seperti itu, saya tau ini fakta," kata Chand Parwez di Epicentrum Jakarta Selatan.

Lanjut Chand Parwez ia ingin menampilkan horor yang berbeda dari film lainnya yakni berasal dari kisah nyata. "Saya mencoba melihat lagi, saya harus bikin horor yang beda, agar masyarakat tau ada hal nyata, ada kejadian di antara kita, yang perlu kita ketahui, penulisnya juga tau tentang cerita ini dan ini fakta," lanjutnya.

'Lampor Keranda Terbang' Horor Adaptasi Kisah NyataFoto: dok. Starvision


Yang menyulitkan kata Chand saat timnya mewawancari orang-orang di Temanggung yang pernah ada pengalaman dengan Lampor. Karena mereka mayoritas merahasiakan hal tersebut.

"Menyulitkan ketika mau wawancara korban lampor, nggak banyak yang mau bicara. banyak hal yang jadi pertimbangan mereka dan mereka ingin merahasiakannya, ini bukan isapan jempol," kata Chand.

(fbr/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com