6 Fakta Film Chrisye, Biopik yang Dibintangi Vino G Bastian

Virgina Maulita Putri - detikHot
Senin, 16 Sep 2019 18:11 WIB
6 Fakta Film Chrisye, Biopik yang Dibintangi Vino G Bastian Foto: Dyah Paramita Saraswati/detikHOT
Jakarta - Hari ini, 16 September, adalah ulang tahun dari penyanyi legendaris Indonesia Chrisye yang ke-79. Kisah hidupnya pun telah diabadikan lewat berbagai media, mulai dari buku biografi hingga film biopik.

Perjalanan hidup dan karier Chrisye pun diabadikan lewat film biopik berjudul Chrisye yang tayang di bioskop pada tahun 2017. Dalam film ini, karakter Chrisye diperankan oleh Vino G Bastian.



Kalian bisa mengenang mendiang Chrisye dengan menonton film ini. Berikut fakta-fakta tentang film Chrisye yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Cast dan Karakter

Selain Vino G Bastian yang memerankan tokoh Chrisye, film ini juga diisi oleh sejumlah aktor papan atas Indonesia. Sebut saja Velove Vexia sebagai Damayanti, Dwi Sasono sebagai Guruh Soekarno Putra, Verdi Solaiman sebagai A Ciu, Teuku Rifnu Wikana sebagai Gauri Nasution dan masih banyak lagi.

2. Sinopsis

Film ini menceritakan lika-liku kehidupan Chrisye dengan latar belakang tahun '70-an hingga '90-an. Saat masih remaja, Chrisye memiliki ketertarikan dengan dunia musik walau ayahnya menginginkan dia untuk menjadi seorang insinyur.

Chrisye pun dengan diam-diam terus mendalami musik tanpa sepengetahuan ayahnya dan ia pun berhasil membuktikan kesuksesannya dengan karya yang ia ciptakan.

Walau sudah sukses, Chrisye masih dibayangi kegelisahan dan ia terus mencari jati dirinya. Ia kemudian menikah dengan Damayanti Noor dan kehidupan berkeluarga berhasil membuka cakrawalanya.

3. Pengaruh Istri Chrisye

Film Chrisye disutradarai oleh Rizal Mantovani dengan naskah yang ditulis oleh Alim Sudio. Istri mendiang Chrisye, Damayanti Noor juga memegang peran cukup besar dalam film ini karena film ini dibentuk berdasarkan cerita yang disampaikan olehnya.

Selain itu, wanita yang akrab disapa Yanti ini juga memilih langsung Vino G Bastian sebagai aktor yang cocok untuk memerankan Chrisye di layar lebar.



4. Perjuangan Vino G Bastian

Vino G Bastian mengatakan memerankan Chrisye merupakan sebuah tantangan tersendiri. Ia butuh waktu satu bulan untuk mendalami karakter Chrisye sekaligus melakukan riset tentang sang legenda musik Tanah Air.

Tidak hanya latihan untuk mendalami karakter, agar bisa menyerupai sosok Chrisye, Vino pun harus mengenakan rambut palsu dan gusi palsu.

5. Anak Chrisye Ikut Akting

Dalam film berdurasi 110 menit ini, dapat ditemukan putra Chrisye, Pasha Chrismanyah yang berakting di depan layar. Ia memerankan karakter bernama Vicky yang merupakan saudara Chrisye.

Keterlibatan Pasha dalam film ini sendiri berkat dorongan dari Vino G Bastian. Ini merupakan pengalaman akting pertama Pasha di depan layar.

6. Raup Nominasi FFI 2018

Film Chrisye rilis pada tanggal 7 Desember 2017 sehingga membuat film ini memenuhi syarat untuk berkompetisi di Festival Film Indonesia 2018. Dalam gelaran bergengsi tersebut, film ini berhasil mendapat dua nominasi yaitu untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik untuk Vino G Bastian dan Penata Busana Terbaik untuk Gemailla Gea Geriantiana.

Simak Video "Anak Sebut Damayanti Noor Tak Sempat Jenguk Cucu yang Baru Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)