detikHot

movie

Seputar One Piece, Serial Manga Jepang yang Hampir Tamat

Rabu, 11 Sep 2019 16:40 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
Film One Piece. Foto: istimewa Film One Piece. Foto: istimewa
Jakarta - Buat pecinta manga, pasti sudah mengenal 'One Piece'. One Piece adalah salah satu komik Jepang favorit dan terkenal sepanjang massa.

Petualangan kelompok bajak laut si topi jerami ini dalam menemukan harta karun bernama One Piece telah berhasil memikat orang di berbagai belahan dunia.

Penasaran seperti apa sih manga yang berhasil bertahan selama 22 tahun ini? Yuk, simak berikut ini beberapa fakta menarik One Piece yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber:

1. One Piece 80% Selesai

Sejak tahun 1997, One Piece sudah memiliki 18 seri anime, 14 film layar lebar dan 12 episode spesial nih Detikers.

Sang penulis One Piece, Eiichiro Oda mengungkapkan bahwa manga One Piece sudah berjalan 80% sehingga tak lama lagi petualangan kelompok topi bajak laut akan berakhir.


2. Komik Jepang Terlaris

Selama 11 taun, komik One Piece rupanya masih bertengger nomor 1 sebagai manga terlaris di Jepang hingga tahun 2018 lalu. Tak hanya itu, pada 2015 komik ini memecahkan Rekor Guiness World dalam kategori komik dengan cetakan terbanyak sepanjang massa. Hal itu dibuktikan pada penjualan komik ini sebanyak 320.866.000 kopi.

3. Serial Anime

Kepopuleran One Piece membuat pihak studio, Toei Animation memutuskan untuk membuat serial animenya. Ternyata anime One Piece sendiri memiliki rating tinggi dan hingga kini terdapat 901 episode yang dirilis pada Minggu (8/9/2019).

4. Sang Penulis Hanya Tidur 3 jam

Eiichiro Oda atau biasa dipanggil dengan sebutan Oda-sensei ini rupanya hanya meluangkan waktu tidurnya selama 3 jam saja per hari. Ia bekerja selama tujuh hari dalam seminggu dan hanya tidur selama 3 jam.

Lalu, bagaimana dengan para karyawan seperti editornya? Oda-sensei bahkan pernah mengatakan kepada editornya kalau mereka harus siap mati jika bekerja bersamanya.

5. Rencana Awal One Piece Berusia 5 Tahun

Faktanya, manga Jepang ini hanya berusia lima tahun dan hanya bercerita tentang petualangan Luffy melawan para Yonkou. Namun, cerita yang terus berkembang dan ide tentang Shichibukai menembus usia awalnya hingga sampai sekarang.

6. Visual Karakter Terinpirasi dari Berbagai Pihak

Sudah memiliki seri manga terbanyak pastinya tokoh karakter dalam komik ini juga beraneka ragam. Nah, fakta lainnya beberapa visual karakter dalam komik ini terinspirasi dari banyak pihak, seperti karakter Sanji yang terinpirasi dari film 'Reservorid Dogs' , yaitu Mr.Pink. Juga, sosok rapper dunia, Eminem menjadi inpirasi untuk visual karakter Enel, Dewa Petir dalam komik ini.

7. Proses Sensor Ketat

Siapa sangka bahwa tiap detail dari penggambaran komik akan diperhatikan. Faktanya, tiap detail yang dibuat oleh sang penulis akan diperhatikan. Hal itu membuat si penulis harus lebih giat bekerja keras dalam membuat suatu sketsa gambar.

Contohnya seperti penulis One Piece, Oda -sensei yang harus mengubah lambang untuk tato punggung Bajak Laut WHitebeard, awalnya lambang itu terdiri dari karakter kanji dan logo tengkorak berkumis panjang tapi terlihat seperti lambang swastika terbalik. Lambang tersebut adalah salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu. Oleh sebab itu, sang penulis memutuskan untuk menggantinya menjadi salib atas saran editornya.

8. 3 Orang yang Tahu Akhir Kisah One Piece

Akhir cerita komik Jepang ini belum diketahui dan tak pernah bocor. Faktanya, di dunia ini hanya ada 3 orang yang mengetahui akhir kisah One Piece antara lain Eiichiro Oda, editornya dan seorang anak bernama Hinanti Fujinami.

Lalu, siapa itu Hinanti Fujinami?Ia adalah salah satu fans One Piece yang menderita kanker paru-paru. Ia memiliki permintaan terakhir, yaitu mengetahui akhir cerita One Piece. Berkat usaha Lembaga Make A Wish, ia akhirnya bertemu dengan Ode-sensei dan mengetahui akhir kisah One Piece secara tertutup.

9. Perubahan Karakter

Buat kamu yang telah mengikuti kisah One Piece sejak awal pasti tahu dengan perubahan karakter secara terus menerus dilakukan oleh sang penulis. Mulai dari bentuk bagian tubuh hingga senjatanya. Contohnya saja karakter Nami yang awalnya digambarkan sebagai wanita yang memiliki senjata kapak besar dan menggunakan tangan dan kaki prostetik. Tapi, berbeda sekali dengan penggambaran karakter Nami saat ini.

10. Film Baru, One Piece Stampede

Berawal dari komik, animasi hingga film, One Piece hadir sudah hadir mewarnai hidup kita dengan kisah petualangannya sejak 1997. Dalam rangka perayaan dua dekade, buat kamu pecinta serial komik Jepang ini akan disuguhkan film istimewa yang berjudul One Piece: Stampede.

Film yang telah dirilis pada Jumat (9/8/2019) di Jepang ini akan segera ditayangkan di bioskop Indonesia pada Rabu depan (18/9/2019).

Dalam film ini akan menghadirkan 38 karakter dari serial One Piece anime dan memperkenalkan karakter baru, yaitu Douglas Bullet, mantan anggota raja bajak laut.


Wah, kita nantikan saja film baru One Piece Stampede di bioskop Indonesia ya.


Seputar One Piece, Serial Manga Jepang yang Hampir Tamat

(lus/lus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com