detikHot

movie

7 Fakta World War Z, Film Zombie yang Dibintangi Brad Pitt

Senin, 09 Sep 2019 16:10 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
7 Fakta World War Z, Film Zombie yang Dibintangi Brad Pitt Foto: World War Z (imdb) 7 Fakta World War Z, Film Zombie yang Dibintangi Brad Pitt Foto: World War Z (imdb)
Jakarta -
Beberapa tahun terakhir jagad perfilman banyak diwarnai dengan film post-apocalyptic yang menampilkan zombie sebagai musuh utamanya. Salah satu film zombie yang dimaksud adalah World War Z.

Film yang dibintangi Brad Pitt ini diadaptasi dari novel dengan judul sama yang ditulis oleh Max Brooks. Saat rilis pada Juni 2013, film ini merupakan film Brad Pitt yang paling sukses secara komersial setelah berhasil meraup pendapatan sebesar USD 540 juta.



Selain itu, masih ada banyak fakta menarik di balik film ini. Berikut tujuh fakta tentang World War Z yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Cast dan Karakter

Brad Pitt tentu saja menjadi bintang utama di film ini. Ia memerankan Gerry Lane, seorang mantan pegawai PBB yang terjebak dalam wabah zombie.

Selain Brad Pitt, film ini juga diramaikan dengan sejumlah aktor pendukung seperti Mireille Enos, Daniella Kertesz, James Badge Dale, Ludi Boeken, Fana Mokoena, David Morse, Peter Capaldi, Pierfrancesco Favino, Ruth Negga, dan David Andrews.

2. Sinopsis

World War Z menceritakan perjuangan Gerry Lane, seorang mantan pegawai PBB bersama istri dan kedua anaknya yang terjebak dalam kemacetan ketika segerombolan zombie menyerang kota.

Ia dan keluarganya kemudian diselamatkan dan dibawa ke kapal milik US Navy yang berada di Samudera Atlantik di mana ilmuwan dan anggota militer menganalisis kejadian tersebut.

Seorang virologist berteori bahwa wabah zombie tersebut disebabkan oleh virus dan vaksin hanya bisa dikembangkan jika penyebab waba diketahui. Gerry pun setuju untuk membantu mencari tahu sumber wabah tersebut setelah mengetahui bahwa keluarganya bisa diusir jika ia tidak berkontribusi apa-apa.

3. Produksi

Produksi World War Z memakan biaya sebesar USD 190-269 juta. Film ini disutradarai oleh Marc Forster dengan naskah dari Matthew Michael Carnahan, Drew Goddard dan Damon Lindelof.

Proses produksi untuk World War Z dilakukan di beberapa negara. Pengambilan gambar dimulai pada Juli 2011 di Malta, kemudian berpindah ke Skotlandia, Wales, dan Hungary. Proses pengambilan gambar baru selesai pada Oktober 2012 karena mereka harus melakukan serangkaian reshoot.



4. Rilis

Akibat reshoot yang dilakukan pada September hingga Oktober 2012, peluncuran film ini pun terpaksa diundur. Awalnya Paramount berencana merilis World War Z pada 21 Desember 2012, tapi pada Maret 2012 jadwal tersebut direvisi menjadi 21 Juni 2013.

Begitu rilis, film ini terbilang sukses besar. Di Amerika Utara World War Z meraup pendapatan sebesar USD 202,4 juta dan di teritori lain berhasil meraup USD 337,6 juta, sehingga total pendapatannya sebesar USD 540 juta.

5. Disebut Tidak Mirip Buku Aslinya

Penulis novel World War Z, Max Brooks mengatakan bahwa ia merasa film ini hanya memiliki sedikit kesamaan dengan buku tulisannya, di luar alur cerita utamanya.

6. World War Z Game

Sebelum film World War Z rilis, Phosphor Games Studio merilis game dengan judul yang sama untuk platform iOS pada Mei 2013. Game mobile ini merupakan spin-off dari film tersebut dan menggunakan karakter yang berbeda.

Selain itu, pada April 2019 Mad Dog Games juga merilis game World War Z untuk platform Windows, PlayStation 4 dan Xbox One. Game yang dikembangkan oleh Saber Interactive ini mengambil format third-person shooter yang menceritakan sekelompok survivor di kota Moskow, New York, Jerussalem, Tokyo dan Sydney.

7. Sekuel yang Dibatalkan

Setelah kesuksesan World War Z di box office, pada Juni 2013 rumah produksi Paramount mengumumkan bahwa film ini akan segera disusul oleh sekuel. Rencana ini terus bergulir dan beberapa nama sutradara ternama disebut akan terlibat seperti J.A Bayona dan David Fincher.

Pada Juni 2017, Paramount mengumumkan bahwa Fincher sudah resmi dipilih untuk menyutradarai sekuel World War Z dan Brad Pitt juga akan kembali memerankan Gerry Lane. Tapi pada Februari 2019, film ini dibatalkan padahal proses pre-produksi sudah dimulai selama beberapa bulan.



Simak Video "Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar Raih Penghargaan Selebrita Awards 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com