detikHot

movie

Film Anak yang Menghibur dan Menginspirasi

Minggu, 30 Jun 2019 09:54 WIB Devy Octaviany - detikHot
Foto: imdb. Foto: imdb.
Jakarta - Tak sedikit film anak yang kisahnya tak hanya lucu dan menghibur. Beberapa bahkan memancing imajinasi dan dalam kisahnya terselip pesan moral yang menyentuh hati. Berikut beberapa film anak-anak yang memenuhi kriteria tersebut seperti dirangkum detikHOT dari berbagai sumber.

1. Toy Story (1995)

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Toy Story 4 (imdb)


Bagian pertama kisah Woody si koboy ini merupakan film animasi produksi Pixar. 'Toy Story' menjadi momen perkenalan para karakter mainan dari Woody, Buzz Lightyear hingga Bo Peep dan beberapa lainnya yang juga menjadi favorit.

Mereka adalah mainan-mainan Andy yang sosoknya diceritakan pergi di film ketiganya 2015 lalu. Selain perkenalan karakter-karakter mainan tersebut, 'Toy Story' pertama juga menggambarkan kisah yang diambil dari realitas di mana kebanyakan anak-anak lebih memilih menonton televisi yang perlahan mengikis imajinasi mereka.

2. Beauty and The Beast (1991)


Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: ist

Sebelum diadaptasi ke live-action, animasi 'Beauty and The Beast' sudah mencuri perhatian. Salah satu kisah dari Disney Princesses ini membawa sosok Belle yang di sebuah kesempatan terjebak di istana terkutuk yang dihuni seorang monster.

Tokoh Belle sendiri merupakan tokoh yang inspiratif bagi anak-anak. Tak hanya cantik, sikapnya yang sederhana, baik dan gemar membaca buku dapat menjadi teladan bagi anak-anak yang menyaksikan film tersebut.

3. The Sound of Music (1965)

Latar film Sound of MusicLatar film Sound of Music Foto: Fitraya Ramadhanny


Yang satu ini adalah kisah film anak sekaligus keluarga yang juga patut ditonton. Film musikal 'The Sound of Music' membawa cerita tentang kisah sebuah keluarga yang berusaha lolos dari momen mencekam Perang Dunia II. Seorang biarawati bersedia menjadi pengasuh anak-abak dari keluarga tersebut.

Drama keluarga ini mengajarkan semangat dan cinta kasih di antara mereka. Yang juga bakal membekas yakni selipan musik yang dibawakan dalam ceritanya. 'My Favorite Things' juga lagu 'DoReMi' menjadi original soundtrack yang populer hingga saat ini.

4. Matilda (1996)

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Film anak / ist


Diadaptasi dari dongeng karya Roald Dahl, 'Matilda' menceritakan seorang anak perempuan cerdas yang kerap dipandang sebelah mata oleh kedua orang tuanya. Sang ayah sibuk bekerja, ibunya lebih memilih menghabiskan waktu bermain Bingo dan ia punya saudara lelaki yang juga tak peduli padanya.

Besar dalam lingkungan yang tak mendukung seperti itu, Matilda tumbuh menjadi anak pemberani, cerdas dan pantang menyerah. Ia juga gemar pergi ke perpustakaan dan membaca buku.

5. E.T (1982)

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Film anak / ist


Sebelum membawa dinosaurus hidup kembali dalam 'Jurassic Park', Steven Spielberg membawa kisah persahabatan di antara alien dan manusia dalam 'E.T (Extra Terrestrial)'.

Seorang bocah penyendiri yang dilanda masa lalu karena orang tuanya bercerai membawa harapan dan cinta kasih kepada sesosok makhluk asing yang menjadi sahabatnya.




6. 'The Lion King' (1994)

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Youtube


Kisah seekor singa bernama Simba yang sejak kecil ditinggal mati sang ayah yang menjadi korban kelicikan pamannya sendiri. Dari sosok Simba, film ini membawa kisah tentang harapan sekaligus persahabatan yang saling menerima perbedaan di antara Simba, Timon seekor Lemur dan Pumba seekor Babi hutan.

7. How To Train Your Dragon (2010)

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Film anak / ist


'How to Train Your Dragon' membawa cerita tentang seorang bocah bernama Hiccup. Ia sebenarnya bukan siapa-siapa dan hanya bocah biasa. Akan tetapi sejak dirinya bersahabat dengan seekor naga bernama Toothless, ia mengubah pandangan banyak orang tentangnya. Naga bukanlah hewan yang dapat menjadi peliharaan. Akan tetapi film ini juga membawa pesan bahwa tak jarang sebuah keberanian mendatangkan konsekuensi dan itu dapat menjadi pengalaman berharga.

8. 'Home Alone' (1990)

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: ist


'Home Alone' menjadi film yang melambungkan nama aktor Macaulay Culkin. Perannya sebagai bocah badung bernama Kevin yang terpisah dari keluarganya saat liburan tiba menjadi kisah film yang menjadi favorit hingga kini.

Sosok Kevin tak hanya cerdas, ia juga cerdik dan pemberani. Anak-anak dapat mencontoh sikap Kevin yang tak khawatir menghadapi masalah sendiri dan berhasil mengatasi ketakutan meski jauh dari orang tua dan orang-orang tersayang.

9. Charlie and The Chocolate Factory

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Film anak / ist


Seperti 'Matilda', film ini diadaptasi dari dongeng berjudul sama karya penulis Roald Dahl. Kisahnya tentang bocah miskin bernama Charlie yang beruntung bisa mengunjungi sebuah pabrik coklat milik seseorang bernama Willy Wonka.

Dalam perjalanannya di pabrik tersebut, Charlie banyak belajar dari sosok-sosok yang ia temui. Termasuk dari sosok Willy Wonka yang ternyata kesepian meski dirinya bergelimang uang dan kekayaan dari pabrik coklat miliknya. Ternyata uang bukanlah segalanya untuk diraih dalam hidup.

10. 'Harry Potter and The Sorcerer's Stone'

Film Anak yang Menghibur dan MenginspirasiFoto: Universal Studios Orlando.


Siapa yang tak tertarik mendengar istilah-istilah magic dari kisah Harry Potter? Dari buku karya JK Rowling, film 'Harry Potter' juga menjadi kisah favorit banyak anak di seluruh dunia.

Dalam kisahnya, Harry selalu meragukan dia bukanlah seseorang yang spesial. Sampai akhirnya sebuah peristiwa masa lalu yang membuat nyawa kedua orang tuanya terenggut membuat Harry bangkit dan menemukan jalan kebenaran meski terancam sosok Voldermort.


Simak Video "Petualangan Baru Woody yang Penuh Kejutan di ''Toy Story 4''"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com