detikHot

movie

Hanung Bramantyo Sempat Ragu Berikan Karakter 'Minke' pada Iqbaal Ramadhan

Kamis, 20 Jun 2019 10:15 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Hanung Bramantyo Sempat Ragu Berikan Karakter Minke pada Iqbaal Ramadhan Foto: Dok. Falcon Pictures Hanung Bramantyo Sempat Ragu Berikan Karakter 'Minke' pada Iqbaal Ramadhan Foto: Dok. Falcon Pictures
Jakarta - Hanung Bramantyo mendapat kesempatan untuk menyutradarai film 'Bumi Manusia' yang diadaptasi dari novel tetralogi milik Pramoedya Ananta Toer.

Hanung mengaku sempat ragu menjadikan Iqbaal Ramadhan sebagai 'Minke' yang merupakan tokoh utama.

"Saya awalnya nggak yakin, masa sih dia," ujar Hanung saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/6/2019).



"Tapi kemudian Salman Aristo yang kasih tau saya, 'lu udah nonton 'Dilan' belum?, lu nonton deh 'Dilan''. Kemudian saya nonton 'Dilan, kenapa, 'Minke tuh kayak gitu. Itu ikon kita'. Itu yang membawa spirit Pram masuk menembus relung imajinasi anak-anak milenial sekarang hanya Iqbaal. Yaudah," lanjut Hanung.

Dalam hal ini, Hanung juga telah memberikan pengajaran bagi Iqbaal untuk mendalami karakter melalui kehidupan pribadinya.

"Saya nggak ngomong kamu harus jadi Minke, nggak. Saya nggak ngomong gitu. Saya cuma ngulik apa yang sudah kamu lakukan saat kamu ada di Kanada," cerita Hanung.

"Iya kan dia cerita, 'saya juga di Kanada jadi minoritas'. Iya pada saat di sana dia bergaul sama orang-orang Amerika, orang-orang Cina. Kata Iqbaal ketika disebut orang Asia, itu bayangannya adalah Cina. 'Kamu dari Cina ya?', 'bukan, dari Indonesia'. Jadi Indonesia itu mana lagi gitu. Nah itu rasain itu," jelas Hanung.

Tidak hanya itu, Iqbaal juga nyatanya telah diberikan beberapa buku untuk mengetahui sejarah serta perkembangannya oleh suami Zaskia Adya Mecca tersebut.

"Sambil baca Multatuli, sambil baca Max Havelaar, sambil baca pemikirannya feminisme Kartini. Terus ada beberapa buku-buku kok yang saya kasih ke dia, dan ini dalam waktu 2 bulan saya suruh begitu," pungkasnya.


Tonton juga: Jadi Minke, Iqbaal Ramadhan Khawatir Karakter Dilan Masih Nempel

[Gambas:Video 20detik]


Hanung Bramantyo Sempat Ragu Berikan Karakter 'Minke' pada Iqbaal Ramadhan

(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed