detikHot

movie

Lama Vakum, Endhita Jauh Menjelajahi Pedalaman Baduy di Film 'Ambu'

Sabtu, 18 Mei 2019 17:50 WIB Devy Octaviany - detikHot
Foto: instagram skytree pictures Foto: instagram skytree pictures
Jakarta - Model sekaligus artis Endhita Wibisono sudah lama tak terdengar kabarnya. Istri Onci personel Ungu ini kembali tampil di depan kamera lewat film terbarunya berjudul 'Ambu'.

Di momen come back-nya tersebut, Endhita harus melalui proses pembuatan filmnya yang membawanya ikut serta hingga jauh masuk ke pedalaman Baduy.



"Ya ini jadi pengalaman baru sih. Di film ini aku memang ceritanya jadi gadis Baduy. Jadi mau nggak mau sebelum syuting udah di sana duluan untuk lihat-lihat sekaligus riset," kisah Endhita belum lama ini.

Tak mudah proses yang dilalui Dhita. Dirinya sempat hampir menyerah karena menilai masyarakat Baduy tak mudah untuk didekati.



"Mereka tuh kalau baru sekali kenal langsung lupa. Saya butuh 3 hari sampai akhirnya dikenal dan mereka bisa diajak ngobrol banyak," ungkapnya.

Di sisi lain bahasa juga menjadi kendala baginya untuk dipelajari. Ketimbang bahasa Sunda pada umumnya, Baduy memiliki bahasa Sunda yang berbeda.

"Susah belajar bahasa udah pasti. Apalagi aku orang Jawa. Kalau ke Bandung juga ngertinya Sunda Pariangan. Ada gesturnya, ada suara intonasi meninggi, itu yang saya harus pelajari," tuturnya lagi.



Farid Dermawan sang sutradara menambahkan, memang tak mudah syuting berlatar belakang Baduy. Ia juga harus melalui proses panjang sampai diizinkan bisa syuting di Baduy.

"Perizinannya 4 bulan dan akhirnya kita dikasih syarat selama syuting di sana. Nggak boleh pakai listrik, nggak boleh pakai genset jadinya syuting harus selesai jam 5 sore. Nggak boleh bawa benda-benda elektronik lainnya juga," tukas Farid.


(doc/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed