detikHot

movie

Rekomendasi Film Religi Luar Negeri yang Menarik Ditonton Saat Puasa

Minggu, 12 Mei 2019 14:02 WIB Devy Octaviany - detikHot
Foto: dok. istimewa Foto: dok. istimewa
Jakarta - Tak hanya film bergenre action atau blockbuster sekelas 'Avengers' yang dapat menjadi hiburan. Ada sejumlah film bernuansa religi luar negeri yang juga dapat memberi makna tentang agama dan cinta kasih dalam ceritanya.

Berikut film-film tersebut.

1. The Message (1977)

'The Message' merupakan salah satu film Islam yang menarik perhatian dunia. Kisah 'The Message' yakni tentang perjuangan sosok Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Islam.



2. Children of Heaven (1997)

Film asal Iran ini menceritakan tentang dua bocah kakak beradik yang hidup amat sederhana. Suatu ketika sang adik kehilangan sepatunya, karena tak ingin melihat adiknya bersedih, sang kakak berniat mengikuti sebuah lomba lari yang hadiahnya berupa sepasang sepatu bagi juara kedua.

Biar Nggak Lemas Puasa, Yuk Nonton Rekomendasi Film Religi Luar NegeriFoto: dok. istimewa



Akan tetapi, sang kakak justru berhasil memperoleh juara pertama dan ia sedih mengetahui dirinya tak bisa memberikan hadiah sepatu melainkan membawa pulang sebuah piala.


3. Kingdom of Heaven (2005)

Film besutan Ridley Scott ini membawa kisah tentang Perang Salib antara tentara muslim dan kristiani yang pada akhirnya membawa perdamaian.

Seorang pandai besi bernama Balian asal Prancis pergi ke Jerusalem untuk mencari pengampunan Tuhan yang kemudian ikut berperan dalam perang melawan pemimpin besar Islam, Saladin dan pasukannya yang hendak merebut kota itu dari pihak Kristiani.

Akan tetapi, 'Kingdom of Heaven' membawa kisah yang lebih dari sekadar pertempuran Islam dan Kristen. Film ini memaknai perang suci ini dengan banyak dialog menggelitik.

Biar Nggak Lemas Puasa, Yuk Nonton Rekomendasi Film Religi Luar NegeriFoto: dok. istimewa


Salah satunya berbunyi: "I have given Jerusalem my whole life. First, I thought we were fighting for God. Then I realized we were fighting for wealth and land. I was ashamed."

Ridley Scott menerima kritik karena dinilai melenceng dari sejarah. Akan tetapi, ia juga dipuji karena dianggap akurat menggambarkan tentang Islam dalam film tersebut.


4. Hur Adam (2011)

'Hur Adam' berkisah tentang biografi Bediuzzaman Said Nursi. Ia merupakan seorang filsuf Islam asal Turki.


5. Journey to Mecca (2009)


'Journey to Mecca' bercerita tentang perjalanan haji Ibn Battuta menyusuri nyaris seluruh wilayah di Timur Tengah. Perjalanannya bahkan disebut melebihi dari Marco Polo, asal Italia.

Untuk sampai ke Tanah Suci, Ibn Battuta dikisahkan melalui kawasan pantai utara Afrika, Persia, Cina hingga Andalusia.
(doc/nkn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com