detikHot

movie

Khikmawan Santosa, Penata Suara 'Langganan' Piala Citra

Sabtu, 11 Mei 2019 10:00 WIB Devy Octaviany - detikHot
Foto: dok. Istimewa Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Khikmawan Santosa adalah nama yang populer di dunia perfilman nasional. Ia merupakan seorang penata suara yang karyanya diketahui memperkaya film-film Indonesia.

Tak sedikit penghargaan yang telah diperoleh pria yang akrab disapa Kiki ini sepanjang kariernya di bidang Sound Designer.

"Kalau dibilang aset perfilman kita saat ini berkurang, iya juga. Dia (selama ini) pemegang rekor Piala Citra di Indonesia," ungkap sutradara, penulis skenario juga komika Ernest Prakasa saat dihubungi detikHOT, Sabtu (11/5).



Ada masa di mana almarhum Khikmawan mendominasi momen Piala Citra. Setelah menang di ajang ini sebagai penata suara terbaik lewat 'Sang Kiai' 2013 lalu, namanya tercatat di nominasi Penata Suara Terbaik di Piala Citra 2017.

Khikmawan ambil bagian sebagai penata suara di banyak film yang dipersaingkan saat itu. Ia pun bak bersaing dengan dirinya sendiri untuk nominasi ini.

Film-film itu di antaranya, 'Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon', 'Kartini', 'Cek Toko Sebelah', 'Critical Eleven' dan film 'Pengabdi Setan' yang 2017 lalu juga masuk dalam banyak nominasi.

Almarhum Khikmawan akhirnya menang di kategori ini lewat kontribusinya di film 'Pengabdi Setan' garapan Joko Anwar.



Khikmawan Santosa diperkirakan meninggal dunia di usia 40 tahunan. Ia merupakan lulusan Institut Kesenian Jakarta. Khikmawan Santosa tutup usia meninggalkan dua orang anak.

Jenazah Khikmawan rencananya akan dimakamkan di TPU Kober, Sukamaju, Cilodong Depok, setelah salat Zuhur.
(doc/nkn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed