'Kucumbu Tubuh Indahku' Diboikot, Garin Nugroho Harap Pemerintah Turun Tangan

ADVERTISEMENT

'Kucumbu Tubuh Indahku' Diboikot, Garin Nugroho Harap Pemerintah Turun Tangan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 30 Apr 2019 08:31 WIB
Foto: (dok.Garin Nugroho)
Jakarta -

Film besutan Garin Nugroho, 'Kucumbu Tubuh Indahku' menuai kontroversi. Mereka yang kontra membuat petisi di change.org untuk menurunkan film tersebut dari bioskop.

Menurutnya, film yang digarapnya itu telah lulus sensor untuk disiarkan di Tanah Air. Oleh karena itu, menurut Garin lembaga-lembaga terkait di pemerintahan juga harus hadir untuk memandu masyarakat agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

"Institusi pemerintah dan institusi lainnya harus berani dan mampu memandu masyarakat agar tidak ada penghakiman massa," ujarnya saat ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan.


Sebagai sutradara, Garin mengaku bingung dengan reaksi yang ia terima itu. Ia mempertanyakan apakah mereka yang memboikot filmnya telah menontonnya terlebih dahulu sebelum menyerangnya.

Ia juga mengatakan, tindakan mengajak orang-orang untuk memboikot suatu film tanpa menontonnya lebih dulu sama saja dengan hoaks atau berita bohong. Baginya, hoaks bisa muncul juga karena kurangnya panduan terhadap masyarakat.


"Hoaks itu tumbuh besar karena tidak ada pemanduan. Yang tidak menonton tapi mengajak orang untuk memboikot itu kan adalah hoaks. Itu jadi tugas institusi dan seniman untuk memberikan pengertian terhadap nilai sebuah karya dan membuka dialog-dialog," terangnya.

(srs/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT