detikHot

movie

Perankan Dukun Manten, Atiqah Hasiholan Jadi Pemaes Penuh Filosofi

Kamis, 11 Apr 2019 13:26 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Atiqah Hasiholan menjalani peran sebagai dukun manten dalam film drama terbaru 'Mantan Manten'. Film dengan unsur budaya Jawa ini mengharuskan Atiqah mampu menjadi tukang rias adat Jawa yang lekat dengan tradisi paes.

Paes merupakan riasan pengantin Jawa yang menyimbolkan banyak makna di antaranya kebaikan hingga kesejahteraan. Biasanya paes diukirkan di dahi pengantin wanita.

Untuk menyempurnakan peran di film, istri aktor Rio Dewanto ini dituntut untuk setidaknya bisa merias paes layaknya dukun manten pada umumnya.


"Maesnya belajar setiap hari selama seminggu. Yang penting kita nggak harus benar-benar belajar maes sampai dapat sertifikat pemaes. Paling nggak cukup bisa terlihat lentur aja di kamera," ungkap Atiqah.

Dari latihan merias yang dilakukannya, ada pelajaran yang dipetik oleh Atiqah. Yakni perihal filosofi di balik makna paes dalam adat pengantin Jawa.



"Dari yang aku pelajari, ternyata bukan hanya aksi-aksi maesnya. Tapi sarat sama filosofinya, doa-doa, hal-hal yang sifatnya spiritual. Hal itu yang paling banyak aku dapet saat workshop lebih itu sih yang coba banyak pelajari instead maesnya," ucap Atiqah.


Video: Karakter Surya, Bikin Arifin Putra Belajar Ikhlas

[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed