Bird Box: Bertahan Hidup Tanpa Membuka Mata

ADVERTISEMENT

Bird Box: Bertahan Hidup Tanpa Membuka Mata

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 26 Des 2018 14:02 WIB
Foto: (imdb.)
Jakarta -

Sehari sebelum perayaan Hari Ibu, Netflix menghadirkan film bergenre post-apocalyptic thriller berjudul 'Bird Box'. Arti film dalam bahasa Indonesia 'kurungan burung' menjadi tanda tanya besar sepanjang film yang berdurasi 2 jam 4 menit. Awas spoiler!

'Bird Box' menampilkan karakter heroik seorang ibu bernama Malorie yang dimainkan oleh Sandra Bullock. Perempuan yang berprofesi sebagai pelukis terpaksa mengandung janin yang tak diinginkannya.

Suatu hari, ia harus memeriksakan kandungan ke rumah sakit bersama saudara perempuan. Peristiwa menyeramkan tentang kekuatan misterius yang terjadi di Rusia, China, belahan negara Eropa lainnya akhirnya menyerang Amerika termasuk ke lokasi rumah sakit tersebut.


Di tengah kekuatan misterius yang menihilkan hampir populasi manusia, teror ketakutan makin tersebar. Membuat orang-orang yang melihatnya menjadi gila dan membunuh dirinya sendiri. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah mengandalkan indera penciuman dan pendengaran.

Hanya ada satu cara untuk bertahan adalah jangan pernah melihat. Malorie pun harus melindungi kedua anaknya dari makhluk tak berbentuk tersebut.

Setelah kehilangan temannya satu per satu dan tinggal seorang pria yang bersamanya, mereka memutuskan untuk menempuh perjalanan ke tempat yang aman. Kuncinya adalah menyusuri sungai selama dua hari berturut-turut sampai ke hilir dan kembali menelusuri hutan. Petanya adalah, dengarkan suara burung-burung.

Bird Box: Bertahan Hidup Tanpa Membuka MataFoto: (imdb.)



Di tengah perjalanan di sungai, tebar ketakutan dan teror belum berhenti. Ada banyak halangan yang memaksa mereka untuk membuka mata, termasuk 'suara-suara' dari saudara perempuan dan kekasihnya. Malorie tetap berpegang teguh, jangan pernah melihat dan membuka penutup mata.

Menonton film 'Bird Box' sekilas akan teringat dengan 'A Quiet Place' yang sukses besar di bioskop pada April lalu. Kengerian sebuah keluarga untuk bertahan hidup tanpa bersuara dan terus hidup dalam keheningan agar terhindar dari makhluk misterius.

John Krasinski pun sukses membuat penonton merasakan keheningan dan ketakutan tersebut. Di akhir 'A Quiet Place', pertanyaan mengenai mahkluk yang menghantui pun terkuak. Berbeda dengan 'Bird Box', monster dan makhluk misterius itu seakan masih menjadi misteri sampai akhir.



'Bird Box' memberikan jawaban, monsternya adalah sesuatu yang tak terlihat dan berasal dari ketakutan di diri masing-masing manusia. Sepanjang film, hanya akting Sandra Bullock yang menjadi seorang ibu patut diacungi jempol.

Baru dua hari tayang, Rotten Tomatoes memberikan nilai rating 5,8 % dan IMDB sebesar 6,8 %. Di balik 'Bird Box', ada sosok sutradara perempuan ternama, Susanne Bier.

Karya-karyanya yang terkenal adalah 'Brothers' (2004), 'After the Wedding' (2006), dan 'In a Better World' (2010) yang memenangkan Academy Awards. 'Bird Box' diadopsi dari novel berjudul sama, yang ditulis oleh Josh Malerman pada 2014.

(tia/ken)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT