DetikHot

movie

Hiii...Ini Sosok Hantu yang Kisahnya Tebar Teror di Film Horor

Jumat, 19 Okt 2018 09:24 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Hiii...Ini Sosok Hantu yang Kisahnya Tebar Teror di Film Horor Foto: (dok.Soraya Intercine Films)
Jakarta -

Horor Indonesia tak lepas dari sosok hantu lokal yang kisahnya kerap dikembangkan ke dalam cerita dan diangkat ke layar lebar. Beberapa sosok hantu tersebut pun namanya diadaptasi ke judul film yang tak sedikit menarik perhatian penonton.

Berikut di antaranya.

1. Pocong

Sosok hantu yang satu ini diadaptasi ke dalam film yang jumlahnya tak sedikit. Film-film tersebut di antaranya 'Sumpah Pocong Di Sekolah', 'Sumpah, (Ini) Pocong!', 'Susuk Pocong' juga ada 'Tali Pocong Perawan'.

Yang teranyar, ada pula film berjudul 'Jaga Pocong' yang dijadwalkan tayang di layar lebar dalam waktu dekat. Film tersebut dibintangi Acha Septriasa juga Jajang C Noer.

2. Kuntilanak

Hantu berwujud perempuan ini juga diadaptasi ke dalam cerita film. Yang terkenal di antaranya 'Kuntilanak' garapan Rizal Mantovani yang dibintangi oleh Julie Estelle. Sosok hantu yang dikisahkan dipuja dan dijadikan pesugihan oleh sebuah keluarga itu dibuat hingga tiga film.

Julie Estelle diceritakan sebagai seorang perempuan yang dapat menerima wangsit dari sosok hantu tersebut.

3. Suster Ngesot

Legenda adanya Suster Ngesot sempat juga diangkat ke layar lebar. Di antaranya 'Suster Gepeng' yang dibintangi Roro Fitria 2012 lalu dan yan teranyar 'Suster Ngesot Urban Legend' garapan rumah produksi milik Raffi Ahmad.

Hiii...Ini Sosok Hantu yang Kisahnya Tebar Teror di Film HororFoto: Dokumen Screenplay Films dan Legacy Pictures



4. Jailangkung

Kisah permainan memanggil arwah Jailangkung beberapa kali juga diangkat ke film. Dua sutradara Rizal Mantovani dan Jose Poernomo menggarap film ini pertama kalinya di 2007 dengan judul 'Jelangkung'. Film ini juga membuka tabir legenda tentang Hantu Rumah Kentang dan Suster Ngesot.

Satu dekade setelahnya, Rizal Mantovani membawa kembali kisah Jailangkung bersama Jose di 2017. Film ini menyorot kisah sebuah keluarga yang menemukan sang ayah dalam keadaan koma misterius.

'Jailangkung' dibuat dalam 2 bagian yang rilis Juni 2018 lalu.

Hiii...Ini Sosok Hantu yang Kisahnya Tebar Teror di Film HororFoto: (dok.Soraya Intercine Films)



5. Sundel Bolong

Sundel Bolong diperkenalkan Suzzanna sejak film-film horornya yang tayang di era 1980-an. Sosok hantu yang satu ini serupa dengan kuntilanak, punggung yang berlubang menjadi pembedanya.

Yang terbaru, sosok Sundel Bolong kembali diangkat ke film. Hantu tersebut, diperankan oleh Luna Maya dalam film terbarunya 'Bernapas dalam Kubur'.



Tonton juga video Wawancara Eksklusif Luna Maya: Bernapas dalam Kubur!

[Gambas:Video 20detik]


(doc/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed