DetikHot

movie

Ine Febriyanti Bicara Sulitnya Perankan Nyai Ontosoroh di 'Bumi Manusia'

Jumat, 22 Jun 2018 08:46 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ine Febriyanti Bicara Sulitnya Perankan Nyai Ontosoroh di Bumi Manusia Foto: (Monica Arum)
Jakarta -

Film 'Bumi Manusia' yang diadaptasi dari novel karangan Pramoedya Ananta Toer itu sempat menuai kontroversi. Di antara karakter Minke yang menjadi perdebatan, tokoh fiktif Nyai Ontosoroh pun patut ditelisik.

Ine Febriyanti memerankan karakter Nyai Ontosoroh yang menurutnya tersulit sekaligus menantang.

"Yang ini sih sulit mungkin karena tokoh fiktif. Yang secara sejarah sampai aku tanya ke sejarawan nggak ada karakter hidup yang seperti Nyai Ontosoroh. Tidak ada," tutur Ine kepada detikHOT di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (21/6/2018).



Pram pun, lanjut Ine, bukan mengarang cerita tapi mendongeng 'Bumi Manusia' terhadap sesama tahanan lainnya di Pulau Buru.

"Karakter Minke itu juga tidak ada. Kita menyuarakan kondisi pribumi di masa itu, gimana pribumi dilecehkan di mata hukum," lanjutnya.

Sampai sekarang Ine masih mendalami karakter Nyai Ontosoroh. Dia pun sudah melakukan reading bersama para pemain lainnya dan membaca kembali 'Bumi Manusia.



"Saya harus meleburkan diriku sebagai manusia yang hidup di masa itu. Saya menonton film yang sama zamannya, membaca referensi lainnya. Dan harus bisa merasakan total gimana rasanya jadi pribumi di masa itu," pungkas aktris yang kerap bermain teater.

Saksikan video 20Detik mengenai cerita Ine Febriyanti menjadi Nyai Ontosoroh:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed