Perankan Karakter Tunanetra, Reza Rahadian Banyak Dapat Pelajaran Hidup

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 17 Apr 2018 21:23 WIB
Foto: Reza Rahadian / NOEL
Jakarta - Aktor Reza Rahadian termasuk aktor serbabisa. Kini ia kebagian peran karakter tunanetra dalam film 'The Gift'.

"Pertama faktor karakter belum pernah dapat peran seperti itu, di skenario pas saya baca juga diberikan kesempatan mengeksplorasi secara bebas," ungkapnya saat ditemui di Setiabudi XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

Menurut Reza Rahadian, berperan sebagai orang buta bikin dirinya dapat banyak pelajaran hidup. Tantangannya juga sangat besar memerankan karakter tunanetra.

"Saya selalu bingung membuat challenge, peran itu untuk mengeksekusinya tidak mudah, karena banyak banget streteotyping dari bagaimana seorang tunanetra dipotret dalan sebuah film atau produksi lainnya nah saya mencoba untuk mencari detail-derail penting yang menurut saya akan mendukung kareakter ini," ucap aktor yang dikritik saat memerankan Pengki di 'Benyamin Biang Kerok'.



"Maka saya mengajak ada sekitar sembilan orang tuna netra datang ke dapur film, saya ngobrol banyak hal ketawa ketiwi saya kaget ngelihat mereka bisa serileks itu dan sangat santai dalam menjalani kehidupannya seperti kita semua, mereka ya kadang pakai tongkat kadang nggak, kadang udah hafal tata letak dan bau karena indera penciuman dan pendengaran mereka sangat tajam jadi sangat sensitif sekali dan itu membuat saya mempelajari gerakan mata mereka ketika saya belajar dan mengajak mereka ngobrol, juga saya perhatikan banget. Oh ternyata ada alasan kenapa gestur itu bisa terjadi, hal-hal yang sebetulnya teknis bisa dipelajari untuk karakter Harun," paparnya soal observasi dan karakter.

Reza Rahadian sendiri berpesan sebagai seorang tunanetra bernama Harun. Ia akan beradu akting dengan Ayushita Nugraha.

Film yang diproduksi oleh Seven Sunday Films itu bertemakan drama romantis anak manusia dalam menemukan cinta. Film ini juga menggariskan tema pengorbanan di dalamnya.

Selain Reza dan Ayushita, proyek ini dibintangi oleh beberapa artis lainnya seperti Dion Wiyoko dan Christine Hakim. Serta didukung oleh Anna Hertami, Renaldi Zulkarnain, Roekman Rosadi, Romaria Simbolon. Tumiinten dan lain-lain.

Film pun akan rilis pada bulan Ramadan tepatnya pada 24 Mei. (hnh/kmb)