DetikHot

movie

'Moonrise Over Egypt' Perjuangan Agus Salim demi Kedaulatan Indonesia

Sabtu, 17 Mar 2018 14:42 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Moonrise Over Egypt Perjuangan Agus Salim demi Kedaulatan Indonesia Foto: Moonrise Over Egypt
Jakarta - Film 'Moonrise Over Egypt' akan tayang 22 Maret 2018. Sebelumnya, film tersebut menggelar gala premier. Film yang disutradarai Pandu Adiputra dan digarap oleh Tiga Visi Sinema atau TVS Films itu, mengupas perjuangan Pahlawan Nasional H. Agus Salim yang memimpin delegasi yang terdiri dari Nazir Sutan Pamuntjak, Abdurrachman Baswedan, dan Mohammad Rasjidi untuk bertemu dengan Perdana Menteri Mesir, Mahmud Fahmi El Nokrashy di April 1947.

Pertemuan diplomatik itu dilakukan guna memperjuangkan pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia secara de jure dari pemerintahan Mesir.

Sayangnya perjalanannya tim yang dipimpin H. Agus Salim, tak semulus apa yang direncanakan. Yakni untuk mendekatkan diri pada Perdana Menteri, Nokrashy. Sebab, Duta Besar Belanda untuk Mesir di masa itu, Willem Van Recteren Limpurg, membuat taktik untuk menciderai misi delegasi Indonesia yang tak merelakan kemerdekaan Indonesia.



Tak sendiri, Willem pun beduet dengan ahli strategi bernama Comelis Adriaanse,. Berkat pemikiran Adrianse, Willem berhasil mempengaruhi Perdana Menteri, Nokrashy.

Tak sampai di situ kedua orang Belanda tersebut mengirim mata-mata ke dalam delegasi Indonesia. Alhasil, Adrianse dan Willem pun berhasil membuat Nokrashy, menunda rencana kerjasama bilateral dengan Indonesia, yang menjadi pengakuan kemerdekaan Indonesia dari pemerintah Mesir.

Diketahui Film ini diperankan sejumlah aktor seperti, Pritt Timothy (sebagai H. Agus Salim), Vikri Satria Mulia (H.M. Rasjidi), Rahmat (AR Baswedan kakek Gubernur Jakarta Anies Baswedan), drh. Ganda (Natsir Pamuntjak), Reza 'SM*SH' Anugrah (Zein Hasan), Bhisma Wijaya (Hisyam), dan Ina Marika (Zahra) hingga Harry Bond Jr (Willem) sampai Produser Amir Sambodo (Adam Malik).



Namun film di judulnya lebih menonjolkan Mesir tersebut, ternyata lebih banyak menampilkan adegan berupa dialog-dialog antar tokohnya di Mesir.

Sementara itu menurut Pandu Adiputra selaku Sutradara mengaku, syuting film tersebut banyak di Kairo.

"Syuting film ini benar-benar dilakukan di Mesir pada medio Agustus 2016, cukup banyak pemain dan kru yang ke Kairo, di samping itu banyak bekerja sama dengan sineas Mesir," ungkap Pandu.

Tapi film bertema perjuangan itu dipastikan memperpanjang deretan film berlatar kemerdekaan Indonesia.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui seperti apa film 'Moonrise Over Egypt' di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(fbr/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed