DetikHot

movie

Teuku Rifnu Wikana soal Film Pendek dan Mau Berakting Tanpa Dibayar

Kamis, 11 Jan 2018 10:38 WIB  ·   Mauludi Rismoyo - detikHOT
Teuku Rifnu Wikana soal Film Pendek dan Mau Berakting Tanpa Dibayar Foto: Teuku Rifnu Wikana (Asep Syaifullah)
Jakarta - Teuku Rifnu Wikana diundang untuk berbagi pengalaman di dunia perfilman kepada sineas muda. Di situ, ia bicara soal film pendek hingga butuh banyak wadah terkait hal tersebut.

Rifnu sendiri sangat antusias terhadap para sineas muda, terlebih lagi yang mampu membuat film pendek dengan cerita yang bagus. Diakuinya, membuat film pendek sangat penuh ujian.

"Saya lihat antusias kawan-kawan film di berbagai festival banyak. Dengan adanya festival ini, bertambah lagi momen untuk para sineas muda untuk ekspresikan karyanya, menunjukan juga punya ruang berkarya," ujar Rifnu usai menghadiri acara Awarding Soekarno's Quote Film Festival 2018 yang diselenggarakan oleh Kalachakra Media Sinema di Bekasi, Rabu (10/1/2018) malam.

"Kesulitan (film pendek) justru ketika kita dikasih kesempatan hanya dua menit dengan menyampaikan cerita yang panjang gitu. Kita bukannya ingin bikin klip, tapi cerita. Ini festival sekaligus ujian buat sineas untuk berkarya lagi, berkarya lagi. Maka nanti akan menemukan ramuan yang baik," tuturnya lebih lanjut.


Dalam kesempatan menghadiri acara festival film pendek itu, aktor terbaik FFI 2017 tersebut sangat terpesona dengan salah satu karya sineas muda. Sebagai penggemar dan pernah membuat film pendek, Rifnu sangat memahami kesulitan dan mengaku butuh tempat untuk mengeksplorasi kreatif anak muda Indonesia.

"Satu film yang tadi menarik dan saya ingin bertemu dengan sutradaranya, saya penasaran. Saya sangat menggemari film pendek, karena ada ideologi yang nggak bisa disampaikan di industri, makanya orang mengambil jalur di luar mainstream. Menarik. Banyak film indie yang punya muatan luar biasa, yang kita tidak bisa nonton di film industri," beber Teuku Rifnu Wikana.

Ngomong-ngomong soal film pendek, Rifnu juga pernah membuat hal itu dulu. Melalui film berdurasi singkat itu, bintang film 'Night Bus' tersebut merasa mendapat banyak pelajaran.

Teuku Rifnu Wikana pun tak segan bermain film pendek untuk tugas anak-anak kampus. Asalkan ceritanya menarik, ia langsung mengambilnya tanpa dibayar.

"Kalau anak kampus mau bikin film entah dari IKJ (Institut Kesenian Jakarta) atau beberapa kampus punya cerita, baca dulu deh, Mas, saya nggak mau ngajak kalau Mas Rifnu nggak suka. Oke nih aku mau. Iya, Mas, tapi nggak ada budget. Eits, jangan ngomongin budget, kita bikin. Tapi kalau kalian ngomongin industri aturannya sudah ada. Tapi kalau yang bikin film pendek, ayo. Kalau bikin film festival ya kita bikin kontrak, kalau menang bagi hasil, fair, terbuka, itu menariknya di dunia indie gitu," pungkas Teuku Rifnu Wikana.


(mau/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed