Scoring 'Dunkirk' Tercipta dari Jam Saku Christopher Nolan

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 21 Jul 2017 15:44 WIB
Foto: dok Dunkirk
Jakarta -

Christopher Nolan tak hanya menampilkan momen demi momen mencekam sekaligus mengkhawatirkan dalam adegan di film 'Dunkirk'. Musik scoring yang mengiringi adegan demi adegan di film tersebut juga menjadi bagian yang tak bisa dilewatkan.

Di balik itu, ada komposer Hans Zimmer yang kembali dilibatkan mengeksplorasi kekacauan yang terjadi dalam peristiwa Dunkirk. Scoring dalam film ini memang menempati porsi yang cukup besar bagi Nolan.

Ia memainkan peranan sebagai kunci untuk mengarahkan dan memperdalam narasi dalam cerita.

"Dunkirk adalah sebuah cerita yang penuh dengan ketegangan. Film ini membutuhkan scoring untuk mencerminkan hal itu sekaligus mendorong penonton melalui sebuah cerita yang menceritakan lebih banyak dari sekadar film perang," ujar Nolan dalam sebuah wawancara seperti dikutip Entertainment Weekly.

Selama film berlangsung tak sedikit ada suara detak jam yang terdengar sepanjang film. Tema waktu diyakini Nolan mewakili narasi filmnya yang banyak menyorot kecemasan yang dirasakan 400 ribu tentara saat terjebak dalam kepungan Jerman.

Zimmer sengaja menggunakan bunyi detik jam asli untuk diadaptasi sebagai bagian dari scoring adegan. Dan jam yang digunakan adalah jam saku yang dimiliki Nolan.



"Aku sengaja memberikan pada Zimmer beberapa jam saku. Ia merekam detik demi detik dari beberapa jam yang ada dan ia selipkan di rangkaian scoring yang ia ciptakan," tutur Nolan.

Setelah perjalanan di antara bintang-bintang dalam 'Interstellar', kemudian masuk ke pikiran bawah sadar dalam 'Inception' hingga membawa sosok superhero dan villain tampak seperti betulan dalam trilogi 'The Dark Knight', 'Dunkirk' menjadi kolaborasi baru bagi Zimmer dan Nolan.

Scoring yang diciptakan Zimmer membawa mata tenggelam dalam cerita tak hanya melalui gambar atau visual namun juga musik.

(doc/tia)