Spotlight

Kamera IMAX di Balik Visual Dramatis Adegan 'Dunkirk'

Devy Octaviany - detikHot
Kamis, 20 Jul 2017 11:15 WIB
Foto: Poster film Dunkirk (Screen Rant)
Jakarta - 'Dunkirk' direncanakan Christopher Nolan sejak awal sebagai film yang besar. Setelah momen kelam bagi tentara Inggris di 1940 itu terekam menjadi sejarah, Nolan tak hanya mengadaptasinya ke dalam naskah.

Namun secara visual, Nolan ingin 'Dunkirk' tak hanya menjadi film dengan rangkaian adegan yang nyaman dipandang mata. Nolan ingin mereka yang menyaksikan 'Dunkirk' dapat merasakan ketegangan sekaligus bagian dalam cerita film tersebut.

Untuk itu, sutradara pemenang Academy Awards ini sengaja menggunakan kamera IMAX untuk memperoleh visual yang ia inginkan.
Adegan DunkirkAdegan Dunkirk Foto: Warner Bros

"Tujuh puluh persen adegan formatnya adalah IMAX. Sebab ini satu-satunya format yang menghasilkan gambar yang paling bagus saat disaksikan di atas layar," ujar editor 'Dunkirk', Lee Smith.

Saksikan video 20detik mengenai Dunkirk di sini:


'Dunkirk' yang akhirnya dirilis tahun ini menjadi visi yang akhirnya terwujud bagi Nolan selama menjadi sutradara. Kamera tersebut juga membuat adegan demi adegan filmnya sempurna namun tak menghilangkan sisi real yang ada pada adegan yang ia ambil.

"Banyak yang berkata, kenapa tak membuat film tentang evakuasi Dunkirk sejak enam tahun yang lalu. Bagi kami tak semudah itu. Jika dulu kami menggunakan kamera besar biasa hasilnya tak akan seperti saat ini. Usai coba-coba dengan 'Interstellar', IMAX memaksimalkan apa yang kami inginkan untuk cerita ini di film," pungkas Emma Thompson sang produser.


(doc/nu2)