detikHot

Eksklusif!

Lebih Detail Soal Kostum Film Superhero 'Doctor Strange'

Sabtu, 01 Okt 2016 17:04 WIB Adhie Ichsan - detikHot
Foto: Marvel Studios Foto: Marvel Studios
London - 'Doctor Strange' akan menjadi film kedua setelah 'Captain America: Civil War' yang memasuki fase ke-3 Marvel Cinematic Universe. Sebelum perilisan film tersebut, detikHOT berkesempatan mengunjungi lokasi syuting di London dan berbicara dengan tim kreatif yang terlibat di dalamnya.

Desainer kostum Alexandra Byrne mengatakan bahwa dia membuatkan 20 kostum secara khusus dengan kebutuhan yang berbeda-beda untuk adegan Benedict Cumberbatch sang pemain utama. Secara umum desainnya sama, tetapi kondisinya dibuat berbeda-beda sedetail mungkin.

Misalnya, kostum Doctor Strange sebelum bertarung dan sesudah terlibat pertarungan fisik, pastinya punya perbedaan. Begitu juga pemilihan material dan warnanya. Untuk kostum berwarna biru Doctor Strange,terbuat dari katun dan untuk bagian jubahnya banyak tekstur bahan yang berbeda.

"Pekerjaan ini sangat menyenangkan. Tak seperti proyek Marvel sebelumnya yang aku lakukan—adaptasi dari komik— ada banyak jenis kain. Ini merupakan hal yang baru untukku," katanya saat ditemui detikHOT dan beberapa jurnalis dari seluruh dunia di Longcross Studios, London, beberapa waktu lalu.

Byrne membuat kostum tak hanya untuk pemain utama dan pendukung. Dia dan timnya juga membuat kostum untuk kategori para murid di Kamar-Taj (tempat pelatihan dan padepokan spiritual The Ancient One).



Desainer kostum yang juga menggarap 'the Avengers' ini bekerja dengan tim yang cukup banyak, dan dibagi menjadi beberapa departemen. Misalnya ada departemen khusus menjahit, hingga ada departemen khusus yang mengerjakan simbol di kostum.

"Lapisan dalam jubah adalah bagian paling rumit untuk dikerjakan, seperti yang saya katakan sebelumnya, karena bahan utama kain yang kami buat sendiri," ucapnya.



Sama dengan membuat bahan dan desain, pemilihan warna pada kostum juga hal krusial yang jadi favorit Byrne. Desainer kostum pemenang Oscar ini menggunakan warna yang berbeda untuk menunjukkan perbedaan tingkatan murid di Kamar-Taj.

"Tingkatan novice yang paling dasar, dan level selanjutnya adalah apprentice yang berwarna merah gelap lalu disciple dan setelah itu level master," tuturnya.

Saat menemui detikHOT dan para jurnalis di lokasi syuting, Benedict Cumberbatch masih menggunakan kostum level novice yang bisa Anda lihat di trailer saat dia berada di puncak Himalaya bersama The Ancient One. Saat itu dia sedang ambil beberapa adegan di Kamar-Taj dan set gunung buatan yang megah.

Selama kunjungan ke Longcross Studio di London, detikHOT--satu-satunya perwakilan media dari Asia Tenggara--juga sempat berbincang dengan Chiwetel Ejiofor (Baron Mordo), Benedict Cumberbatch (Doctor Strange), Tilda Swinton (The Ancient One), sutradara Scott Derrickson dan President Marvel Studios sekaligus produser, Kevin Feige. Simak terus beritanya, ya!
(ich/ich)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com