DetikHot

movie

Masuk Tahun ke-4, Apa yang Beda dari XXI Short Film Festival?

Jumat, 04 Mar 2016 07:25 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Masuk Tahun ke-4, Apa yang Beda dari XXI Short Film Festival? Foto: XXI Cineplex
Jakarta - Menginjak usia ke empat tahun, XXI Short Film Festival kembali hadir dengan nuansa yang baru. Tapi apa yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya?

Nauval Yazid selaku Program Director XXI Short Film Festival 2016 saat menggelar jumpa pers di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (3/3/2016) mengatakan perbedaan dapat terlihat dari kategori film yang dilombakan. Saat ini, XXI Short Film Festival punya empat kategori.

"Jika biasanya ada Film Pendek Fiksi Naratif, Film Pendek Animasi dan Film Pendek Dokumenter, tahun ini kita memecah kategori Fiksi Naratif menjadi dua bagian. Kita menamakannya Fiksi Drama Komedi dan Fiksi Action/Thriller/Fantasy," kata Nauval.

Selain itu, yang menarik XXI Short Movie Festival 2016 juga bakal melibatkan pemenang tahun lalu lebih dalam lagi. Mereka yang tahun lalu beruntung, di tahun ini bisa menjadi juri.

Baca juga: Syuting 'My Stupid Boss', Reza Rahadian Selalu Butuh Pendingin Udara

"Dan tahun ini saya lihat ada beberapa (yang) tahun lalu sebagai pemenang ataupun finalis, tahun ini menjadi juri. Jadi, saya pikir ini sesuatu hal yang sangat positif ya, karena terbukti bahwa memang kalau ada mutu dan kualitas, pada akhirnya bukan lagi ikut serta kompetisi, bahkan bisa menjadi juri," ujar Catherine Keng selaku Festival Director.

Rencananya acara tersebut bakal digelar pada 16-20 Maret 2016 di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan. Tidak hanya kompetisi film pendek, XXI Short Film Festival 2016 juga bakal memutar film pendek karta sutradara senior Tahan Air. Salah satunya adalah Joko Anwar yang bakal menayangkan enam film pendek terbaiknya.

Selain itu, di International Shorts ada juga penayangan film pendek mencanegara. Adalah 'Ave Maria' dan 'Stutterer' yang telah meraih Piala Oscar 2016.
(dar/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed