Eksklusif!

Mengunjungi Lokasi Syuting Film 'Doctor Strange' di London

Adhie Ichsan - detikHot
Selasa, 16 Feb 2016 13:04 WIB
Foto: Marvel.com
London -

detikHOT mendapat kesempatan eksklusif menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang diundang ke lokasi pembuatan film superhero 'Doctor Strange' di London. Film ini menjadi bagian dari Phase 3 di Marvel Cinematic Universe.

 
Marvel Studios mengundang sekitar 15 perwakilan media dari seluruh dunia ke Longcross Studios di London awal Februari lalu. Sebagian besar di antaranya merupakan media lokal, dan sisanya berasal dari Argentina, Meksiko, Amerika Serikat, Rusia, Australia, Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

 
Mengunjungi lokasi pembuatan film Hollywood menjadi pengalaman yang menarik, meskipun akses yang didapat sangat terbatas. Sebelum menuju lokasi, rombongan jurnalis diminta menandatangani surat kontrak yang salah satunya tidak membocorkan gambar dan cerita yang menjadi bagian dari intellectual property.

 
Para jurnalis hanya diperbolehkan membekali diri dengan alat perekam suara dan buku catatan sebagai 'senjata'. Tak boleh ada kamera dalam bentuk apapun yang dibawa masuk ke lokasi syuting. Pengalaman ini hampir sama ketika detikHOT diundang Walt Disney Company mengunjungi kantor pusat mereka dan studio tempat para kreatif di Burbank, California, pertengahan tahun lalu. Meski demikian, pengalaman yang didapat sangat mengesankan.


Setelah berkendara selama 1,5 jam dari pusat kota London, rombongan sampai di Longcross Studios di kawasan Chobham Lane, Chertsey, Surrey. Saat itu cuaca cukup dingin dengan suhu 6 derajat celcius dan berangin. 

Begitu masuk ke area studio, seperti berada di kawasan industri dengan gudang-gudang besar. Ratusan kru sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Ada yang mengatur suplai listrik, properti, katering, kostum dan sebagainya. Beberapa pemain figuran nampak berada di salah satu sudut luar Stage-1. Mereka memakai kostum, tetapi ditutupi dengan jas hujan agar tidak ada yang bisa mengambil gambar. Ya, seketat itu, bahkan untuk pemain figuran.


Rombongon kemudian dibawa ke ruangan Checkmate, tempat tim produksi mempresentasikan film mereka. Di ruangan itu sudah tersusun rapi miniatur-miniatur properti dalam film, termasuk kostum, barang-barang antik dan beragam senjata buatan yang digunakan Doctor Strange maupun karakter lainnya.


"Hai, selamat pagi. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk datang ke sini," sapa Produser Kevin Feige.

 
Produser yang bertanggung jawab pada film-film box office Marvel seperti 'The Avengers', 'Iron Man', 'Thor', hingga 'Captain America: Civil War' itu kemudian berbagi sedikit cerita mengenai proses produksi dan menerima tanya jawab. Tim lain yang memberi penjelasan termasuk Production Designer Charles Wood, Prop Master Barry Gibbs, Hair and Makeup Designer Jeremy Woodhead dan Costume Designer Alexandra Bryne.

 
Setelah itu, detikHOT dan rombongan dibawa ke Stage-1 yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi sebelumnya. Suasana kesibukan syuting langsung terasa begitu masuk ke ruangan yang mirip gudang superbesar.  Di sini dapat mendengar jelas suara Benedict Cumberbatch (Sherlock, Star Trek Into Darkness, The Imitation Game) sang pemeran utama Doctor Strange dan Chiwetel Ejiofor (12 Years A Slave, The Martian) pemeran Baron Mordo yang tengah latihan dialog dan gerakan sebelum merekam adegan.


Rombongan juga diperbolehkan mengintip set Kamar-Taj rooftop defense compound saat para bintang utama rehearsal selama kira-kira 5 menit. Tentu saja tak boleh ambil gambar, dan kami harus bergeser ke ruangan lain karena dalam set aktif seperti itu, alat-alat besar dan keperluan produksi lain selalu berpindah mengikuti kebutuhan gambar dari sutradara Scott Derickson.


Lalu rombongan ditempatkan dalam sebuah tenda yang dilengkapi meja besar serta layar televisi yang merekam adegan sambil menunggu para cast memiliki waktu sedikit untuk sesi tanya jawab. detikHOT pun memiliki kesempatan melontarkan pertanyaan langsung ke Benedict Cumberbatch, Chiwetel Ejiofor, Tilda Swinton yang memerankan Ancient One dan sutradara Scott Derickson. Simak terus laporannya!



(ich/mmu)