DetikHot

movie

Boediono Akan Tonton \'Sang Pencerah\' di Plaza Indonesia XXI

Jumat, 17 Sep 2010 08:44 WIB  ·   - detikHOT
Boediono Akan Tonton \Sang Pencerah\ di Plaza Indonesia XXI
Jakarta - Wakil Presiden Boediono rupanya tidak mau ketinggalan menyaksikan film \\\'Sang Pencerah\\\'. Ia pun akan berkunjung ke bioskop Plaza Indonesia XXI untuk menonton film garapan sutradara Hanung Bramantyo tersebut.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers Istana Wapres, Jumat (17\/9\/2010), Boediono akan menonton film yang berkisah tentang pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan itu, pada pukul 19.15 WIB.

Ini merupakan kali kedua Boediono menikmati pertunjukan film. Akhir Oktober 2009 lalu, beberapa saat setelah dilantik sebagai Wapres, ia menghadiri premier film \\\'Ruma Maida\\\' di Djakarta Theater.

\\\'Sang Pencerah\\\' berlatar belakang Kota Yogyakarta antara tahun 1867-1912. Seperti tertulis dalam sinopsisnya, film produksi MVP Pictures ini mengisahkan kehidupan Ahmad Dahlan sepulangnya dari Mekkah, Arab Saudi.

Di usia 21 tahun itu, Ahmad Dahlan, yang sebelumnya bernama Darwis, mengawali pergerakan mengubah arah kiblat yang melenceng di Masjid Besar Kauman. Perjuangannya pun mengundang kemarahan seorang kiai tradisional, dan mengakibatkan suraunya dibongkar. Ahmad Dahlan juga dituduh kafir karena membuka sekolah yang membolehkan muridnya duduk di kursi ala sekolah Belanda.

Tak menyerah, Ahmad Dahlan lantas membentuk organisasi Muhammadiyah. Tujuannya adalah untuk mendidik umat Islam berpikiran maju sesuai dengan perkembangan zaman. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Zaskia A. Mecca, Slamet Rahardjo, Giring \\\'Nidji\\\', Ikranegara, dan Sudjiwo Tedjo.


(irw/hkm)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed