ADVERTISEMENT

K-Spotlight

Mengulik The Silent Sea Bareng Bae Doona-Gong Yoo, Sci-Fi Pertama Korea

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 24 Des 2021 12:03 WIB
The Silent Sea
Foto: (dok. Instagram @netflixkr)
Jakarta -

Bae Doona dan Gong Yoo dipersatukan dalam sebuah produksi yang sama berjudul The Silent Sea. Diproduksi oleh Netflix, serial tersebut merupakan serial fiksi ilmiah pertama yang pernah dibuat oleh Korea Selatan.

Serial ini menceritakan sebuah tim elit yang menjalani misi untuk pergi ke pusat penelitian Balhae yang ditelantarkan di bulan. Dengan peluang hidup hanya 10 persen, satu persatu anggota tim mati dibunuh di pusat penelitian tersebut.

Belum lama ini, detikcom berkesempatan menghadiri jumpa pers dan mewawancarai para aktor dan tim produksi The Silent Sea. Serial ini bermula dari sebuah film pendek yang menjadi proyek tugas akhir menjelang kelulusan sang sutradara.

"The Silent Sea sebenarnya dibuat berdasarkan tugas akhir kelulusan. Saat masih kuliah, tak lama sebelum kelulusan, aku ingin membuat sesuatu yang menunjukkan passion-ku. Sesuatu yang ingin sekali aku ciptakan," ungkap Choi Hang Yong.

The Silent SeaThe Silent Sea Foto: (dok. Netflix @jisangchung)

"Sebenarnya sudah banyak cerita yang mengangkat kisah luar angkasa, tapi jarang yang mengangkat cerita di bulan. Jadi aku ingin menciptakan sebuah cerita dengan latar belakang permukaan bulan. Saat melakukan riset, aku jadi tahu tak banyak yang terungkap. Di situlah aku menciptakan sebuah cerita tentang bulan," lanjutnya.

Bae Doona mengaku melihat proyek The Silent Sea sebuah tantangan baru. Apalagi, ini adalah serial fiksi ilmiah yang mengangkat cerita tentang luar angkasa pertama yang pernah diproduksi di Korea Selatan.

"Fiksi ilmiah Korea adalah sebuah tantangan besar. Aku juga tidak yakin awalnya ingin mengambil tantangan ini. Tapi membaca naskah The Silent Sea, aku tahu serial ini akan menjadi luar biasa," ujar Bae Doona.

"Pastinya akan ada elemen Korea di dalamnya, dan banyak isu yang akan diangkat dan membuat kita banyak berpikir. Jadi aku langsung menerima tantangan ini," lanjutnya.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh tim produksi adalah bagaimana membuat latar bulan senyata mungkin. Bahkan, mereka harus membangun set di lima studio dengan total luas 10 ribu meter persegi.

"Untuk menciptakan bulan atau markas di bulan, kami membutuhkan studio yang sangat luas. Jadi kami menggunakan lima studio dengan total 10 ribu meter persegi. Bukan cuma soal luasnya, tapi juga secara teknis membuat serial ini sangat sulit," jelas Choi Hang Yong.

The Silent SeaThe Silent Sea Foto: (dok. Netflix @jisangchung)

"Ya, kembali mengingat saat-saat syuting, kami harus syuting dalam keadaan gravitasi rendah. Kami akan menggunakan kabel dan ada koreografer yang mengarahkan gerakan. Tapi sebenarnya yang membantu kami adalah pakaian yang kami pakai. Pakaian itu sangat berat karena memang aslinya seperti itu. Jadi kau tidak bisa bergerak dengan mudah. Sehingga secara natural kami bisa menunjukkan keadaan gravitasi nol," pungkas Gong Yoo.

Di sisi lain, The Silent Sea merupakan proyek yang sangat berbeda bagi para pemeran utama. Simak cerita mereka di artikel selanjutnya.



Simak Video "K-Talk: Petualangan Menegangkan 'The Silent Sea' Jadi Penutup 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT