K-Spotlight

Move To Heaven: Sederhana Tapi Penuh Makna

Geralda Talitha - detikHot
Senin, 17 Mei 2021 15:04 WIB
Move to Heaven
Foto: (dok. Netflix)
Jakarta -

Serial original Netflix, Move To Heaven yang tayang 14 Mei lalu sukses membuat penonton merasa terharu dengan kisah slice of life yang dialami Han Geu Ru dan pamannya, Cho Sang Gu.

Hampir semua orang yang sudah menonton serial ini, ikut merasa pilu dengan kisah kehidupan orang-orang yang menjadi 'klien' Move To Heaven. Tapi ada juga yang merasa terhibur karena Move To Heaven menjadi salah satu drama yang menawarkan kisah sederhana, realistis namun penuh makna.

SPOILER ALERT!

Move To Heaven punya cara yang berbeda untuk menyampaikan isu-isu sosial yang relate dengan makna kehidupan, lewat kisah kehidupan para 'klien' Move To Heaven. Para 'klien' ini adalah orang-orang yang ditemukan meninggal di TKP dengan beragam cara yang berbeda.

Uniknya, para 'klien' itu tidak diperlihatkan bagaimana cara mereka meninggalkan dunia, tapi ada sederet kisah pilu yang dialami mereka sebelum ditemukan meninggal dunia. Kisah pilu para 'klien' Move To Heaven yang juga relate dengan isu-isu sosial seperti kisah cinta sesama jenis, kekerasan dalam rumah tangga, perundungan remaja hingga orang tua yang dicampakkan oleh anaknya.

Karakter Han Geu Roo, yang dilakoni Tang Joon Sang menjadi daya tarik Move To Heaven. Han Geu Roo diceritakan mengidap sindrom Asperger, yang mirip dengan autism. Walaupun punya kepribadian yang 'berbeda', karakternya digambarkan sebagai sosok yang sangat mandiri dan cinta akan kebersihan.

Move to HeavenMove to Heaven Foto: dok. Netflix

Akting Tang Joon Sang patut diacungi jempol, karena berhasil memperlihatkan kondisi pengidap sindrom Asperger secara epik, mulai dari intonasinya saat berbicara, perilakunya dan setiap emosi yang dirasakan Han Geu Roo. Semunya terlihat sangat pas dan tidak berlebihan.

Di awal, hubungan Geu Roo dan pamannya, Cho Sang Gu memang terlihat dingin karena sifat mereka yang bertolak belakang. Namun lama-kelamaan, kedua karakter ini bertumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan menyadari kalau mereka saling membutuhkan satu sama lain. Perkembangan karakter ini sangat terasa dari karakter Cho Sang Gu.

Perkembangan karakter juga sangat dirasakan Cho Sang Gu dan Han Geu Roo. Uniknya mereka berdua punya masa lalu yang kelam. Walaupun sering berantem, tapi perlahan-lahan mereka berdua bisa menerima satu sama lain dengan kepribadian uniknya masing-masing.

Kisah Move To Heaven juga terlihat lebih ringan dengan tingkah kocak Na Mu dan Sang Gu yang sulit akur setiap bertemu. Walaupun begitu, Sang Gu percaya kalau Na Mu bisa menjaga Geu Roo.

Akting Lee Jae Wook, Ji Jin Hee dan Sooyoung SNSD yang didapuk sebagai cameo juga punya pengaruh besar dalam segi cerita maupun setipa karakter. Lee Jae Wook yang berperan sebagai Kim So Cheol, murid tinju Sang Gu ternyata menjadi titik balik bagi kehidupan Sang Gu. Tidak pernah terbayangkan oleh Sang Gu, kalau So Cheol akan menjadi lawannya di ring tinju.

Tragisnya pertandingan itu membuat So Cheol mengalami koma dan membuat Sang Gu terus dihantui rasa bersalah hingga akhinya nyawa So Cheol tak tertolong. Ji Jin Hee yang berperan sebagai Han Jeong U, juga punya pengaruh besar untuk Geu Roo.

Move to HeavenMove to Heaven Foto: dok. Netflix

Lewat adegan flashback, penonton bisa mengetahui kalau pribadi Geu Roo yang tenang dan dewasa merupakan ajaran dari sang ayah yang selalu percaya kalau Geu Roo bisa melakukan semuanya sendiri walaupun punya keterbatasan dalam dirinya.

Karaktar Son Yoo Rim yang diperankan Sooyoung SNSD juga punya kekuatan yang nggak kalah penting. Lewat Son Yoo Rim, penonton bisa mengetahui kisah kehidupan mendiang yang tempat tinggalnya diurus Move To Heaven lewat setiap dialog yang dikatakannya dengan Han Geu Roo dan Cho Sang Gu.

"Memang banyak drama yang mengangkat ASD (Autism Spectrum Disorder). Tapi sebelum produksi, aku banyak mengobrol dengan Jun Sang dan kami sepakat kami tak mau meniru gambaran yang sudah pernah diperlihatkan sebelumnya. Karena menurut saya ada spektrum besar tentang ASD dan saya ingin menampilkan yang pas untuk Geu Ru yang diperankan oleh Jun Sang," ujar sang sutradara, Kim Sung-Ho, soal hal yang membedakan drama ini dengan drama ASD lainnya.

Move To Heaven terdiri dari 10 episode. Drama ini sudah bisa disaksikan di Netflix.



Simak Video "Larissa Chou Tegaskan Sudah Tak Ada Komunikasi dengan Alvin Faiz"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)