K-Spotlight

BTS: Kami Percaya Seni Bisa Mengubah Dunia

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 20 Jan 2020 19:09 WIB
BTS. Foto: Dok. Instagram
Jakarta - ARMY pasti sudah terbiasa melihat postingan-postingan BTS di media sosial yang memperlihatkan kecintaan mereka pada dunia seni kontemporer. Tak satu-dua kali para member mengunggah foto-foto ketika sedang berada di sebuah museum atau galeri.

Mungkin awalnya fans mengira BTS hanya sekadar berkunjung di kala senggang. Namun ketika sebuah proyek seni bertajuk 'Connect, BTS' muncul, tak hanya ARMY yang dibuat kagum, tetapi juga fans K-Pop dan pecinta seni kebanyakan.

BTS mempersatukan 22 seniman dari seluruh dunia untuk menyampaikan filosofi dari karya-karya mereka di 5 kota. Filosofi tersebut tentunya berada dalam satu garis lurus dengan BTS.

RM, sebagai leader, menjelaskan apa yang membuat kolaborasi tersebut dilakukan. Senada dengan filosofi BTS soal perayaan keberagaman, RM percaya seni bisa mengubah dunia.

"Kami masih percaya pada kekuatan seni, bahwa seni bisa membantu dan mengubah dunia. Saya masih sangat pemula dan, saat ini, hobi saya adalah berkunjung ke galeri dan museum, dan melihat karya-karya seni luar biasa," jelas RM.



"Ketika saya melihatnya, perjalanan dan tantangan yang dihadapi oleh para seniman membuat saya terkejut dan memberikan inspirasi. Saya berharap lebih banyak orang lagi bisa mempercayai kekuatan seni, dalam genre apa pun," tegasnya.

Begitu juga dengan Jin, yang berharap proyek ini bisa mempersatukan dunia dengan merayakan perbedaan-perbedaan yang ada. "Kita semua berbeda. Tetapi hal itu seharusnya mempersatukan kita, bukan memisahkan," ujar Jin.

Sementara, Suga menganggap proyek ini sebagai sebuah gambaran dari karya musik yang bisa menyatukan dunia. Ia percaya karya seni, dalam bentuk apa pun, bisa melakukan hal yang sama.

"Kami mendapatkan dukungan dan kasih sayang yang tak pernah kami pikir bisa kami dapatkan. Kami selalu merasa terinspirasi dari kekuatan musik yang bisa menjadi alat komunikasi yang melintasi batas dan hambatan, yang mana tidak jauh berbeda dari apa yang dilakukan karya seni. Jadi saya menyadari pengaruh positif dari seni yang terus menginspirasi kita semua," ungkapnya.

Di akhir kata, RM menyebut musik dan seni kontemporer adalah dua dunia yang berbeda. Dari dua hal yang berbeda itu pula, BTS ingin menyuarakan keberagaman yang ada di dunia.

"Proyek ini, khususnya, sangat berarti bagi kami karena merepresentasikan keberagaman dan menciptakan pesan yang positif untuk dunia. Melalui proyek ini, kami berharap bisa mengembalikan kasih sayang dan dukungan yang luar biasa kepada fans kami, ARMY, dan juga pada seluruh dunia," pungkas RM.



Simak Video "Kata BTS soal Dianugerahi Gelar 'Music Innovators'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)