4 Drama Korea yang Ubah Stereotip Perempuan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 16 Des 2019 20:50 WIB
Foto: When the Camellia Blooms (dok. Netflix)
Jakarta - Tak sedikit perempuan yang digambarkan sebagai sosok yang lemah, tidak berdaya, dan membutuhkan bantuan orang lain di sejumlah drama Korea. Namun beberapa tahun belakangan, sosok perempuan yang unik, kuat, dan mandiri juga sudah mulai dipilih sebagai karakter utama.

1. Weighlifting Fairy Kim Bok Joo

Sebagai seorang atlet angkat besi, Kim Bok Joo digambarkan sebagai perempuan yang kuat. Namun, ia juga menunjukkan sosok yang feminin dan rentan.

Sepanjang drama, Bok Joo berjuang melawan keraguan sebagai seorang atlet angkat besi perempuan, dan merasa dirinya kurang cukup feminin. Pada akhirnya, ia mengatasi semuanya dengan bantuan teman dan keluarga.

2. Strong Woman Do Bong Soon

Do Bong Soon merupakan karakter yang lucu dan menggemaskan. Namun di balik penampilannya tersebut, ia memiliki kekuatan yang besar.

Ia adalah perempuan yang feminin, tetapi memiliki kekuatan tersembunyi seperti Hulk. Profesinya sebagai bodyguard membuatnya tak sekali dua kali menggunakan kekuatan fisik untuk melindungi bosnya, Ahn Min Hyuk.



3. Sungkyunkwan Scandal

Kim Yoon Hee merupakan salah satu karakter perempuan di Sungkyungkwan Scandal. Dibandingkan dengan karakter perempuan yang lain, ia tampak berbeda.

Ia pintar, mandiri, bahkan rela menyamar jadi laki-laki agar bisa mengakses pendidikan di universitas. Kim Yoon Hee juga melayangkan protes terhadap aturan pemerintah yang membuat status perempuan di Dinasti Joseon lebih rendah dibanding laki-laki.

4. When the Camellia Blooms

When the Camellia Blooms merupakan serial TV yang bercerita tentang Oh Dongbaek, ibu tunggal yang pindah ke Ongsan dan membuka sebuah bar bernama Camellia. Sebagai seorang ibu tunggal, Dongbaek melawan semua stereotip perempuan.



Simak Video "Kesulitan yang Dialami Jun Ji Hyun Saat Syuting Drakor 'Jirisan'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)