ADVERTISEMENT

K-Spotlight

Obsesi Orangtua pada Pendidikan Nyata Terjadi di Korea Selatan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 11 Nov 2019 18:43 WIB
Foto: Idah Nurhaidah/d'Traveler
Jakarta - Digambarkan dalam drama, obsesi orangtua terhadap pendidikan tak jarang membuat anaknya mengalami stres. Seperti di 'SKY Castle', obsesi orangtua menyerang mental anak-anaknya.

Chong Yong Pyong, sebagai direktur KCC (Korea Cultural Centre), menyebut obsesi tersebut memang benar adanya. Namun, tak semua orangtua di Korea Selatan berlaku 'kejam' pada anak-anaknya.

Masih ada sebagian orang yang memperhatikan kesehatan mental anak-anaknya di atas pentingnya pendidikan. Sehingga, dijelaskan oleh Chong Yong Pyong, pendidikan di Korea Selatan bisa sangat maju seperti sekarang.

"Di drama Korea memang sering ada adegan di mana orangtua suka terobsesi dengan pendidikan anak-anaknya. Mungkin di realita juga ada, tetapi tidak separah di drama Korea," ungkapnya saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

"Orangtua di Korea menyeimbangkan pendidikan dengan kesehatan mental anak-anaknya. Kalau tidak begitu, Korea tidak akan maju seperti sekarang," lanjut Chong.



Menurut Chong Yong Pyong, Korea melihat pendidikan sebagai 'alat' untuk membuat masa depan negaranya menjadi lebih baik. Sehingga, tak heran jika pemerintah menginvestasikan banyak hal, termasuk waktu dan peraturan untuk kelancaran sistem pendidikan di negaranya.

"Pendidikan adalah suatu alat, landasan masa depan yang lebih baik. Tak hanya untuk kepentingan pribadi tapi juga negara. Dengan adanya tingkat pendidikan yang tinggi, orang-orang berbakat bisa lebih dikembangkan lagi," pungkasnya.

Di antara semuanya, ujian masuk universitas adalah momen pendidikan yang sangat penting di Korea Selatan. Pemerintah bahkan mewajibkan seluruh masyarakatnya menghentikan aktivitas demi kelancaran ujian.

Seperti apa? Simak di artikel K-Spotlight berikutnya.



Simak Video "Menanti Akting Jisoo BLACKPINK di Drama Garapan Penulis 'SKY CASTLE'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT