Main Stage

Kini Tenar dan Digemari, Dulu Mahen Tak Pernah Terpikir Terjun ke Musik

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 21 Jun 2021 09:38 WIB
Mahen
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Petrus Mahendra alias Mahen kini dikenal sebagai penyanyi pendatang baru yang namanya tengah naik daun. Rupanya, di masa lalu, ia tidak pernah memimpikan bahwa dirinya kelak akan menjadi seorang musisi.

Mahen kecil hingga remaja tumbuh dengan cita-cita menjadi pesepak bola. Ia bahkan sempat masuk dalam sekolah sepak bola saat duduk di bangku sekolah dasar. Beranjak remaja, cita-cita itu tidak pernah pudar. Ia memilih futsal sebagai ekstrakulikulernya di sekolah.

"Tadinya sama sekali nggak pengen jadi penyanyi, gue malah pengen jadi pemain bola," ungkap Mahen saat berkunjung ke kantor detikcom, baru-baru ini.

Bernyanyi, bagi Mahen, adalah hobi yang baru ia lakukan setelah dewasa. Dirinya baru mengenal dunia tarik suara saat mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan.

"Sebenarnya awalnya pengen nyanyi itu aja baru pas awal kuliah. Mungkin ini bakat terpendam yang ditemukan teman-temanku," ceritanya.

Hobi barunya itu ditemukan karena di pergaulan barunya, teman-temannya kerap menghabiskan waktu untuk berkumpul dan bernyanyi bersama. "Cuman di tongkrongan, anak-anak nongkrong, temen sekelas, ada yang bawa gitar, nongkrong aja," ujarnya.

MahenMahen. Foto: Muhammad Ridho

Berawal dari situ, bakat bernyanyi Mahen mulai berkembang. Dirinya mengikuti sebuah audisi bernyanyi di kampus. Mereka yang terpilih, akan tampil di auditorium kampus dan mengikuti UKM olah vokal.

Ketika mengikuti audisi itu, Mahen mengaku sama sekali tidak memiliki ekspektasi apapun. Namun, nasib berkata lain. Dirinya lolos audisi dan dari sana lah ia bertemu dengan senior kampusnya yang telah berkecimpung di dunia tarik suara lebih dulu.

"Sebenarnya itu adalah pilihan kalau ketrima ya sudah lanjutin, kalau nggak ya sudah. Akhirnya lolos, ketemu senior-senior yang lebih dulu bernyanyi, ketemu teman-teman, ya sudah sampai sekarang," kata dia.

Namun, yang memuluskan jalan Mahen menuju profesi yang digelutinya kini adalah kegemarannya untuk membawakan ulang lagu sejumlah musisi yang hasilnya kemudian ia unggah di Instagram dan Soundcloud.

MahenMahen. Foto: Muhammad Ridho

Dari sana lah ia kemudian dilirik pihak label rekaman yang menawarinya bergabung.

"Tahun 2016 akhir, zaman-zaman Instagram yang (video) 15 detik, terus di Soundcloud. Terus karena sering nge-cover akhirnya ketemu lah sama Indo Semar. Jadi Indo Semar lagi nyari-nyari talent. Itu tahun 2018 akhirnya bertemulah dengan Indo Semar. Dengar-dengar, eh cocok," jelas Mahen.

Kini Mahen telah mengeluarkan album perdananya yang berjudul Sebuah Cerita. Ada 10 lagu yang ada di dalamnya, termasuk Pura-Pura Lupa yang melambungkan namanya.

Dengarkan selengkapnya wawancara Mahen dan detikcom di sini:



Simak Video "Album Sebuah Cerita dari Mahen yang Bukan Hanya 'Pura-pura Lupa'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)