Main Stage

Amanda Caesa Cerita Masa Kecil, Kenal Musik Lewat Benyamin Sueb

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 30 Sep 2020 19:04 WIB
Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.
Amanda Caesa. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Amanda Caesa tidak pernah menyangka dirinya akan benar-benar terjun ke industri musik dan berkarier sebagai penyanyi. Dirinya memang telah menyukai musik sedari lama, akan tetapi baginya musik tidak lebih dari sekadar hobi.

Dia bercerita ketertarikannya pada dunia musik tumbuh dari sang ayah yang merupakan komedian Parto. Parto memang dapat memainkan sejumlah alat musik. Dia pun diperkenalkan musik oleh sang ayah.

Hanya saja, di masa kecilnya, Amanda Caesa tidak langsung diperkenalkan oleh musik pop. Lagu-lagu milik mendiang Benyamin Sueb adalah lagu-lagu pertama yang dia pelajari bersama ayahnya.

"Papaku sendiri memang bermusik banget, dia bisa main suling, gitar, piano kayaknya nurun ke aku sih. Dulu sering banget karaokean sama Papi, tapi bukan lagu pop, tapi lagu Benyamin, lagu dangdut," kenang Amanda Caesa.

Seiring berjalannya waktu, Amanda Caesa mulai mencari selera musiknya sendiri beserta siapa musisi yang benar-benar ia sukai. Dirinya akhirnya menemukan lagu-lagu dari Taylor Swift dan Billie Eilish yang mempengaruhinya.

Di masa kecilnya, instrumen musik pertama yang berhasil Amanda Caesa mainkan adalah kibor. Ia belajar kibor dari sang ayah sekaligus mengikuti les piano.

Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Setelahnya ia pun mempelajari memainkan gitar secara otodidak. Amanda Caesa mengaku melihat panduan bermain gitar di YouTube serta belajar dari temannya.

Barulah pada 2019, dirinya mulai memberanikan diri terjun ke dunia musik secara serius. Di awal tahun, dirinya memang telah membuat resolusi ingin menulis lagu di tahun itu.

Meski demikian, dirinya tidak pernah merencanakan untuk merilis lagu yang ditulisnya secara serius.

"Awalnya ini, ini aneh bgt, aku bikin resolusi 2019, aku tulis ingin bikin lagu. Mungkin ada mantra dari situ karena aku yang tiba-tiba nggak pernah bikin lagu, tiba-tiba dapet ilham aja tuh bikin lagu," cerita dia.

Musisi kelahiran 23 Desember itu akhirnya mencoba memperdengarkan lagu yang ia tulis pada orang tua, kakak dan teman-temannya. Mereka pun memberikan dukungan pada Amanda Caesa untuk mengeluarkan lagu yang ditulisnya secara resmi.

Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

"Pas orang tua tahu lgsg disuruh diseriusin aja, disuruh rekaman dan lain-lain. Awalnya aku nggak PD, karena aku awalnya bikin lagu untuk kesenengan diri sendiri aja," ujar dia.

"Tapi aku bilang sama temen aku, aku bilang kakak aku, katanya udah diseriusin aja, dan aku akhirnya nyoba karena ingin pengalaman baru saja," lanjurnya.

Kini Amanda Caesa telah memiliki dua single, yakni Even If You Aren't There For Me dan Half a Soul.



Simak Video "Curcol Amanda Caesa Menghadapi Teman yang Suka Memanfaatkan Kita"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)