Main Stage

Antara Desain dan Musik, Dua Hidup Amanda Caesa

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 28 Sep 2020 21:43 WIB
Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.
Amanda Caesa. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Musisi pendatang baru Amanda Caesa kini tengah naik daun. Dua single-nya, Even If You Aren't There For Me dan Half a Soul mendapat apresiasi yang terbilang hangat.

Selain berkarier di dunia musik, Amanda Caesa juga merupakan seorang mahasiswa jurusan desain di UniSadhuGuna International College (UIC) yang terletak di kawasan BSD, Tangerang Selatan.

Meski mengaku berat untuk menjalani keduanya, putri dari komedian Parto itu mengatakan dirinya mencoba membuat keduanya berjalan lancar secara seimbang.

"Dibilang berat sih iya lumayan, tapi ya harus dijalanin karena sebenernya bisa banget aku nyeimbangin tapi agak susah karena tugasnya lebih berat. Jadi kalau dibilang berat sih iya, tapi dijalanin aja. Kalau enjoy the process nggak akan kerasa berat," tutur dia dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Saat ini, kuliah dan musik merupakan dua hal yang menyita perhatian terbesarnya. Di hari kerja, dirinya melakukan perkuliahan daring. Perkuliahan tatap mukanya terpaksa tertunda karena adanya pandemi COVID-19.

Akan tetapi karena itulah dia justru memanfaatkan waktu luangnya di sela-sela kuliah untuk menulis lagu. Tengah malam menjelang fajar serta akhir pekan adalah waktu favoritnya untuk membuat lagu.

"Aku kuliah tiap weekdays, kalau bikin lagu weekend atau biasanya (ide) datangnya subuh-subuh, sebelum subuh jam dua atau jam tiga," kata dia.

Hanya saja Amanda Caesa tidak mengatakan proses kreatifnya selalu terjadi di waktu yang ia sebutkan. Baginya, ide bisa datang kapan saja bahkan di saat tidak terduga.

Oleh karena itu, biasanya bila ide datang, ia langsung merekamnya untuk dirampungkan di waktu yang lain.

"Kalau ide bikin lagu itu kadang comes in unexpected times. Biasanya kalau bikin lagu, aku rekam dulu jadi nggak lupa. Pernah karena ide tuh muncul random bgt, jadi langsung aja rekam, terus aku kembangin liriknya nanti kalau sudah selesai nugas misalnya. Humming dulu, dapat nadanya baru deh rekam," cerita dia.

Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Walau saat ini telah berkarier di belantika musik, ia tidak ingin meninggalkan kuliah serta cita-citanya di bidang desain begitu saja. Menurutnya, memiliki karier di dunia desain adalah cita-citanya sejak lama.

Amanda Caesa memang mengenal musik sejak kecil dari ayahnya. Namun ia baru menekuninya sebagai profesi baru-baru ini.

"Karena aku sudah interested sama desain lebih dulu daripada musik. Dari awal SMA aku sudah mikir-mikir karena aku sudah hobi gambar, sudah hobi art & craft gitu," jelasnya.

"Kalau musik itu 2019 aku nyemplung ke musik walaupun aku nggak ada bekal di formal musik. Musik itu dulu hobi, aku nyanyi, main piano, gitar itu hobi," sambung dia.



Simak Video "Curcol Amanda Caesa Menghadapi Teman yang Suka Memanfaatkan Kita"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)