Main Stage

Dam Dam Pop Jadi Proyek Senang-senang Harlan Boer dan Bangkutaman

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 18 Sep 2020 18:33 WIB
Band kolaborasi Harlan Boer dan Bangkutaman saat berkunjung ke kantor detikcom.
Dam Dam Pop! Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Bangkutaman dan Harlan Boer berkolaborasi dan membentuk entitas pop alternatif bernama Dam Dam Pop. Bagi keduanya, Dam Dam Pop tak ubahnya merupakan proyek bersenang-senang.

"Kadang kalau bikin album kan dikonsepin begini, begini, tapi kita lupa kalau sebenarnya bikin lagu, bikin musik itu sebenarnya buat senang-senang. Itu yang sebenarnya kami capture," ujar Wahyu Nugroho atau Acum dari Bangkutaman.

Karena berlandaskan keinginan untuk bersenang-senang, penggarapan album mereka pun terbilang singkat, yakni hanya kurang lebih satu minggu.

Mereka pun tidak melalui proses yang panjang dan berbelit untuk menghasilkan tujuh lagu dari album Dam Dam Pop.

"2019 kami sekali, dua kali latihan, rekaman, terus jadi. Pas mau jadi album, perlu ditambah lagu lagi, sekali latihan, rekaman, terus jadi," terang Harlan Boer.

Tidak ada pakem khusus yang mereka gunakan untuk menentukan lagu mana yang cocok untuk Dam Dam Pop dan mana yang untuk proyek musik mereka masing-masing.

Baik Bangkutaman maupun Harlan Boer sepakat, lagu yang diciptakan sendiri-sendiri dipergunakan untuk proyek musik masing-masing.

Sedangkan apabila mereka bertemu dan menciptakan lagu, lagu itu berarti milik Dam Dam Pop.

"Gampangnya, lagu yang buat Dam Dam Pop ya lagu yang ketika kami ketemu, latihan, jadi ya itu buat Dam Dam Pop. Kalau kami sendiri-sendiri bikin lagu ya itu buat kami sendiri," cerita Harlan.

Band kolaborasi Harlan Boer dan Bangkutaman saat berkunjung ke kantor detikcom.Dam Dam Pop, band kolaborasi Harlan Boer dan Bangkutaman saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Dam Dam Pop tercetus atas ide Harlan Boer yang ingin mengeluarkan sesuatu yang berbeda untuk memeriahkan gelaran Cassette Store Day pada 2019. Harlan kemudian mengajak Bangkutaman untuk berkolaborasi.

Nama Dam Dam Pop dipilih dari judul dan bagian lirik dari sebuah lagu yang terdapat dalam album mereka.

"Jadi kami jamming, pas jamming bikin lagu, terus dikasih lirik ada dam dam pop, ya sudah nama bandnya Dam Dam Pop saja lah. Bersenang-senang saja," cerita Harlan Boer.

Lagu-lagu dalam album Dam Dam Pop direkam di Palm House dengan Pandji Dharma sebagai teknisi suara. Musik dari Dam Dam Pop dipengaruhi oleh musik pop di era 1970-an hingga 1990-an.



Simak Video "Harlan Boer dan Bangkutaman Lahirkan Dam Dam Pop!"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)