Main Stage

Kenalkan Putih Abu-abu, Kelompok Remaja Asal Cianjur dengan Jutaan Fans

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 08 Sep 2020 17:11 WIB
Putih Abu Abu ketika berkunjung ke kantor detikcom.
Putih Abu-abu. Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Berawal dari YouTube, Intan, Karin, Raikhansa, Taya dan Cheryl kini mewujudkan mimpinya untuk menjadi penyanyi. Semua bermula dari bergabungnya mereka dalam grup bernama Putih Abu-abu yang buat oleh Ogan.

Ogan adalah guru mata pelajar teknik komputer dan jaringan di SMK Dharma Kusuma, tempat kelimanya bersekolah di Cianjur, Jawa Barat. Suatu hari, Ogan mengajak murid-muridnya untuk membuat cover lagu di YouTube. Mereka lalu membentuk grup dengan nama Putih Abu-abu.

Lagu pertama yang mereka bawakan ulang adalah Surat Cinta untuk Starla dari Virgoun. Namun Putih Abu-abu baru meraih popularitas sejak menyanyikan ulang lagu Bocah Ngapa Yak dari Wali.

"Kalau awalnya itu kita sebelumnya nggak kayak gini. Kami benar-benar bikin dari 0. Subscribers-nya masih ratusan, nggak jutaan kayak gini, bikinnya masih di kelas, take vokalnya masih di kelas, masih dengan alat seadanya," cerita Intan ketika bertandang ke kantor detikcom, baru-baru ini.

Awalnya, hanya segelintir murid dari Ogan yang bergabung dengan grup itu. Namun lambat laun anggotanya pun bertambah. Kurang lebih ada 14 orang yang bergabung dalam grup yang kemudian dinamai Putih Abu-abu yang kini punya lebih dari 4,2 juta subscribers.

Meski beranggotakan 14 orang, namun hanya Intan, Karin, Raikhansa, Taya dan Cheryl yang kemudian ditarik oleh Warner Music Indonesia untuk membentuk grup vokal secara profesional.

Cheryl merupakan salah satu anggota yang terakhir masuk. Sebab dirinya merupakan murid baru dari SMK tempat Ogan mengajar. Sebelumnya dia bersekolah di sebuah SMA Negeri.

Putih Abu Abu ketika berkunjung ke kantor detikcom.Putih Abu-abu ketika berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Dikhy Sasra

Setelah pindah sekolah, Ogan mengajak Cheryl bergabung di Putih Abu Abu setelah mendengar muridnya itu bernyanyi.

"Kan Cheryl juga anak baru, tadinya anak SMA, pindah ke SMK Dharma Kusuma. Terus di situ katanya Cheryl ditanya 'Bisa nyanyi nggak?' Ditariklah ke Putih Abu Abu dan masuk," kata dia.

Nama Putih Abu-abu digunakan karena ketika membuat grup itu, mereka semua masih mengenyam pendidikan di bangku SMA.

"Karena kan memang anak SMA identiknya dengan seragam putih abu-abu," terang Karin.

Baru-baru ini, Putih Abu-abu mengeluarkan single baru berjudul Denganmu. Lagu itu ditulis oleh Pika Iskandar.



Simak Video "Rilis! Yuk Dengerin Single Terbaru Putih Abu-abu 'Denganmu'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)